5 Museum Bersejarah di Jakarta, Cocok Menjadi Tujuan Wisata yang Edukatif

Selasa, 02 Mei 2023 - 11:26 WIB
loading...
5 Museum Bersejarah di Jakarta, Cocok Menjadi Tujuan Wisata yang Edukatif
Terdapat sedikitnya lima museum bersejarah di Jakarta yang cukup populer. Salah satunya Museum Fatahillah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima museum bersejarah di Jakarta yang cukup populer. Salah satunya adalah Museum Fatahillah yang berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Pada riwayatnya, Jakarta memiliki sejarah panjang hingga menjadikannya sebagai ibu kota negara sampai sekarang. Dari sekian banyak peristiwa atau momen yang telah berlangsung, tak heran apabila cukup banyak ditemui bangunan-bangunan peninggalan yang penuh dengan sejarah.

Beberapa di antaranya bahkan dijadikan museum dan bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat umum. Berikut beberapa contohnya.


Museum Bersejarah di Jakarta

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Tempat bersejarah ini berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Mengutip laman Jakarta Tourism, Selasa (2/5/2023), Museum Fatahillah dulunya adalah sebuah gedung balaikota di era VOC. Pada pembangunannya, tempat ini terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat.

Dibangun dengan gaya arsitektur Neoklasik khas Istana Dam di Amsterdam, museum ini menyimpan banyak koleksi. Sebagian besar di antaranya adalah peninggalan masyarakat Belanda yang dulu menetap di Batavia.

Sebut saja seperti perabotan rumah tangga, senjata, mebel, buku, dan lainnya. Seiring waktu, koleksinya ditambahkan berbagai replika perjalanan sejarah Kota Jakarta dari era Batavia.

2. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda terletak di Jalan Kramat Raya No.106, Jakarta Pusat. Dalam sejarahnya, museum tersebut dulunya adalah tempat pelaksanaan Kongres Pemuda II yang menghasilkan rumusan Sumpah Pemuda.

Gagasan pendirian Museum Sumpah Pemuda tercetus oleh para pelaku Kongres Pemuda II. Setelah jalan panjang yang dilalui, akhirnya Ali Sadikin yang saat itu menjadi Gubernur DKI Jakarta meresmikannya pada 20 Mei 1973.


3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum bersejarah di Jakarta yang berikutnya adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Bangunan bersejarah di Jalan Imam Bonjol 1, Menteng, Jakarta Pusat ini dibangun pada 1927.

Bukan sebagai museum, awalnya bangunan tersebut berfungsi sebagai kediaman konsulat Kerajaan Inggris. Mengutip laman resminya, bangunan ini tercatat juga pernah menjadi rumah Laksamana Maeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)