Mengenal 22 Nama Pelabuhan di Jakarta, Beserta Statusnya

Kamis, 27 April 2023 - 20:04 WIB
loading...
Mengenal 22 Nama Pelabuhan di Jakarta, Beserta Statusnya
Nama-nama pelabuhan di Jakarta menarik untuk diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Nama-nama pelabuhan di Jakarta menarik untuk diketahui. Pasalnya pelabuhan yang ada di ibukota Indonesia ini termasuk golongan pelabuhan yang selalu ramai.

Pelabuhan memang memiliki peranan penting dalam menjalankan roda perekonomian suatu negara. Sebab, pelabuhan menjadi tempat kegiatan alih moda transportasi, penunjang kegiatan industri hingga menjadi tempat untuk mewujudkan kedaulatan negara.

Kota Jakarta hingga saat ini tercatat sebagai wilayah yang memiliki pelabuhan cukup banyak. Berdasarkan pada data Pejabat Pengelola dan Informasi Daerah DKI Jakarta, terdapat 22 pelabuhan di Jakarta.



Dari 22 pelabuhan yang ada di ibukota, masing masing memiliki peranan dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk pembagian wilayahnya pun terpisah menjadi dua, yakni di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Berikut 12 Pelabuhan yang ada di Jakarta Utara

1. Pelabuhan Tanjung Priok
2. Pelabuhan Kalibaru
3. Pelabuhan Muara Baru
4. Pelabuhan Sunda kelapa
5. Pelabuhan Marunda
6. Pelabuhan Muara Angke Kaliadem
7. Pantai Mutiara
8. Pelabuhan Marina Ancol
9. Pelabuhan Pangkalan Pasir Kalibaru
10. Pelabuhan Cakung Drain Cilincing
11. Pelabuhan Kamal Muara
12. Pelabuhan Muara Angke Perikanan

Dari sekian banyaknya pelabuhan yang ada di Jakarta Utara, Pelabuhan Tanjung Priok saat ini berstatus sebagai pelabuhan utama. Merujuk pada peraturan nomor 61 tahun 2009 tentang pelabuhan, yang dimaksud pelabuhan utama adalah pelabuhan yang melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri hingga internasional.



Sementara itu, untuk Pelabuhan Kalibaru hingga Pelabuhan Cakung Drain Cilincing berstatus sebagai pelabuhan pengumpul atau pelabuhan yang melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri saja. Sedangkan untuk Pelabuhan Kamal Muara dan Muara Angke Perikanan berperan sebagai pelabuhan nelayan.

Untuk pelabuhan yang berada di Kepulauan Seribu sendiri berstatus sebagai pelabuhan pengumpan lokal. Pelabuhan pengumpan lokal adalah pelabuhan pengumpan sekunder yang berfungsi untuk melayani kegiatan laut regional dalam jumlah kecil dan sebagai pengumpan pelabuhan utama. Adapun pelabuhan yang ada di Kepulauan Seribu adalah sebagai berikut.

10 Pelabuhan di Kepulauan Seribu

1. Pelabuhan Pulau Kelapa
2. Pelabuhan Pulau Harapan
3. Pelabuhan Pulau Sebira
4. Pelabuhan Pulau Untung Jawa
5. Pelabuhan Pulau Pari
6. Pelabuhan Pulau Lancang
7. Pelabuhan Pulau Pramuka
8. Pelabuhan Pulau Panggang
9. Pelabuhan Pulau Tidung
10. Pelabuhan Pulau Payung
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)