alexametrics

Afif Teroris Bertopi si Anak Didik Amir ISIS Asia Tenggara

loading...
Afif Teroris Bertopi si Anak Didik Amir ISIS Asia Tenggara
Seorang pelaku teror bom Sarinah yang disebut bernama Afif alias Hakim sedang berjalan dengan memegang pistol di tengah kerumunan dekat pusat perbelanjaan Sarinah.(foto:REUTERS / Veri Sanovri / Xinhua)
A+ A-
JAKARTA - Afif alias Sunakim (sebelumnya ditulis Hakim) merupakan residivis kasus pelatihan perang dan kepemilikan senjata api. Afif diduga merupakan salah satu pelaku teroris yang tewas dalam aksi teror bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Kapolri Jenderal Badroddin Haiti menuturkan, berdasarkan data yang dimiliki kepolisian terdapat dua orang residivis dalam kasus pengeboman di Sarinah. Salah satu pelakunya adalah Afif alias Sunakim.(Baca: Diduga Bomber Sarinah, Polisi Akan Sambangi Rumah Afif di Sumedang)

"Yang pakai celana jin dan kaus hitam itu kalau tidak salah Afif alias Sunakim", kata Badrodin, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/1/2016). Kendati demikian, kebenaran identitas Afif masih diproses oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) dengan menggunakan data pembanding sampel DNA keluarga Afif yang tinggal di Sumedang.

Afif diketahui berusia 32 tahun dan berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Afif merupakan anak didik langsung Sulaiman Aman Abdurahman orang yang mengklaim sebagai amir negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Asia Tenggara.

Pada 2010 Densus 88 Antiteror pernah menangkap Afif di Aceh atas perkara pelatihan perang dan kepemilikan senjata. Afif menjatuhkan hukuman penjara selama tujuh tahun.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak