GP Anshor Akui Kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Torehkan Banyak Capaian

Selasa, 18 April 2023 - 10:41 WIB
loading...
GP Anshor Akui Kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Torehkan Banyak Capaian
Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dinilai torehkan sejumlah pencapaian. (Ist)
A A A
SURABAYA - Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dinilai torehkan sejumlah pencapaian. Pencapaian Kapolri tersebut melalui berbagai transformasi yang dilakukan di tengah permasalahan internal maupun eksternal.

"GP Ansor melihat selama dua tahun kepemimpinannya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah menorehkan banyak prestasi, dalam rangka terciptanya penegakan hukum (law enforcement) di Indonesia," kata Wakil Sekjen PP GP Ansor, Wibowo Prasetyo dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Menurutnya, Kapolri telah bisa membawa Polri menjadi lembaga penegak hukum yang tetap mencerminkan sisi humanis di tengah masyarakat. Dengan berbagai ujian yang tak ringan tetap mampu menjaga marwah kepolisian.

Pertama kata Wibowo, keberhasilan Kapolri Jenderal Listyo dapat diukur dari upaya menciptakan transparansi dan transformasi pelayanan publik di instansi kepolisian.

"Ini antara lain diwujudkan dengan kemudahan, kecepatan dan keterbukaan dalam pengurusan STNK, SKCK dan sebagainya, yang serba didukung teknologi digital sehingga menghilangkan praktik calo atau permainan orang dalam," katanya.

"Banyak melakukan terobosan kebijakan/regulasi yang memudahkan publik. Ini ditunjukkan seperti kebijakan membolehkan tes SIM sebanyak dua kali dan pelatihan bagi calon pendaftar SIM," tambahnya.

Perubahan setiap capaian Kapolri, dianggapnya telah berhasil membuat pelayanan Polri semakin dekat dengan masyarakat dan bersikap tegas dalam membasmi praktik KKN.

Hal itu kata dia, menjadi gambaran capain Kapolri dalam membenahi proses seleksi pendidikan jenjang karier di internal kepolisian seperti PTIK, Secapa dan lain sebagainya.

Dijelaskan Wibowo, seperti sanksi tegas terhadap lima anggota yang terbukti 'bermain dalam proses rekrutmen anggota Bintara Polri di Jawa Tengah 2022'. Dinilai telah memberikan aspek keadilan bagi para peserta didik dan telah menghilangkan pandangan like and dislike.

"Sanksi pecat oleh Kapolri pada kasus ini tercatat yang paling besar. Namun sanksi ini memberikan efek jera yang kuat," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)