Mau Tahu 4 Aplikasi Transportasi dan Layanan Khusus Warga Jakarta? Berikut Daftarnya

Kamis, 06 April 2023 - 12:03 WIB
loading...
Mau Tahu 4 Aplikasi Transportasi dan Layanan Khusus Warga Jakarta? Berikut Daftarnya
JakLingko merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses transportasi umum. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 4 aplikasi transportasi dan layanan khusus warga Jakarta yang patut diketahui. Aplikasi ini menunjang kegiatan warga Ibu Kota yang sangat mengandalkan smartphone dan internet.

Aplikasi transportasi dan layanan khusus ini diluncurkan Pemprov DKI Jakarta demi memanjakan warganya. Berikut 4 aplikasi transportasi dan layanan khusus warga Jakarta dihimpun Litbang MPI, Kamis (6/4/2023):
Baca juga: Raih Pahlawan Transportasi Dunia, Anies Puji Pejalan Kaki dan Pengguna Transportasi Publik

1. Jakarta Kini (JAKI)
Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) diluncurkan pada 2019. JAKI merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai pusat informasi dan layanan di Jakarta. Tujuannya membantu memenuhi kebutuhan informasi dan mengintegrasikan seluruh layanan masyarakat di Pemprov DKI.

Aplikasi ini memiliki 13 fitur yang bisa dimanfaatkan yakni JakWarta (untuk membaca berita resmi), JakLapor (untuk melaporkan aduan), JakRespons (untuk memantau respons dari laporan/aduan yang sudah dilaporkan), JakISPU (untuk memantau Indeks Standar Pencemaran Udara), JakSurvey (untuk mengevaluasi para pelayan masyarakat).

Kemudian, JakSiaga (untuk menghubungi nomor-nomor darurat di situasi genting), JakApps (untuk mengakses layanan daring Pemprov DKI), JakPantau (untuk memantau cuaca), JakPangan (untuk melakukan perhitungan pangan), JakAman (untuk melaporkan ketika dalam situasi bahaya), JakSekolah (untuk mengakses materi pembelajaran SD-SMA), Jako (untuk terintegrasi dengan startup yang terkoneksi), serta JakServ (untuk memantau jadwal keberangkatan transportasi umun).

2. JakEvo
JakEvo adalah aplikasi online untuk mengelola perizinan maupun nonperizinan dari DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) DKI Jakarta. Layanan ini mengoptimalkan sistem teknologi informasi untuk perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) agar lebih mudah diakses masyarakat.

Aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat karena segala dokumen yang menjadi persyaratan hanya perlu diunggah secara online.

3. Alpukat Betawi
Alpukat merupakan singkatan dari Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat. Alpukat Betawi adalah aplikasi pelayanan bagi warga Jakarta untuk mengakses langsung pengajuan pelayanan administrasi kependudukan.

Aplikasi ini menyediakan layanan dokumen yang beragam. Pengguna dapat mengajukan permohonan layanan, penjadwalan pelayanan, dan memantau progres pelayanan yang sudah diajukan hanya melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone.

4. JakLingko
JakLingko merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses transportasi umum. Aplikasi ini bertujuan meningkatkan seamless transaction di sektor transportasi sekaligus memberikan kemudahan meliputi prinsip ekonomis, efektif, dan efisien.

Melalui aplikasi ini, pengguna dimudahkan melakukan pembayaran dengan QR code, mengetahui rute tujuan dan armada secara real time, serta beragam kemudahan lainnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)