Orang Tua Wajib Waspadai Penyebab Diabetes pada Anak

Senin, 03 April 2023 - 20:19 WIB
loading...
Orang Tua Wajib Waspadai Penyebab Diabetes pada Anak
Faktor dominan yang membuat seorang anak terkena diabetes salah satunya pola hidup yang salah. / Foto: ilustrasi/Science
A A A
JAKARTA - Diabetes seringkali dianggap sebagai penyakit yang menyerang orang dewasa. Namun, penyakit ini ternyata juga banyak terjadi pada anak-anak dan remaja.

Bahkan, data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan bahwa kasus diabetes pada anak di awal 2023, tercatat meningkat hingga 70 kali lipat sejak 2010. Dalam data IDAI tersebut terdapat sekitar 1.645 anak Indonesia yang menderita diabetes.

Kasus diabetes pada anak kebanyakan diderita anak dengan rentang usia 10-15 tahun.



Banyak faktor yang menyebabkan diabetes pada anak. Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, faktor dominannya di antaranya pola hidup yang salah, seperti makan dan minum dengan kadar gula melebihi standar konsumsi gula harian, serta karena kurang berolahraga.

Lebih lanjut, dr. Nadia menyampaikan bahwa seorang anak yang tidak memiliki penyakit bawaan atau penyakit yang mengganggu keseimbangan kadar gula darah, maka sangat kecilrisikonya terkena diabetes.

"Kalau anak tidak ada penyakit (penyerta) yang menyebabkan gangguan kadar insulin yang diproduksi oleh pankreas, itu tidak bermasalah, kan pola perilaku dan gaya hidup, pola perilaku dan gaya hidup inilah yang berkontribusi terhadap penyakit diabetes," jelas dr. Nadia kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Meningkatnya kasus diabetes pada anak ini tidak selalu dipicu atau karena mengonsumsi susu formula. Pasalnya, kandungan nutrisi pada susu formula telah disesuaikan dengan standar yang berlaku serta kebutuhan anak sesuai dengan umurnya.

Susu formula juga tidak dapat diposisikan sebagai pengganti air susu ibu. "Kalau susu formula kita tahu ya kalau pada anak mereka ada yang tidak bisa mendapatkan ASI karena kondisi tubuh ibunya, kemudian anaknya juga alergi, tapi sebenarnya susu formula itu sudah disesuaikan dengan usia anak-anak," terangnya.

Seseorang anak yang minum susu formula dan tidak minum manis berlebihan, risiko terkena diabetes di kemudian sangat kecil. Justru yang lebih berkontribusi adalah ketika anak mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis di usia 5 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)