Jadi Tradisi, Pemuda Koja Bangunkan Warga Sahur dengan Speaker Besar

Senin, 27 Maret 2023 - 20:47 WIB
loading...
Jadi Tradisi, Pemuda Koja Bangunkan Warga Sahur dengan Speaker Besar
Pemuda karang taruna RT 09 RW 03 Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara bangun warga sahur dengan speaker besar. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Memasuki bulan Ramadan, banyak hal-hal yang kerap dilakukan masyarakat saat menjalankan ibadah puasa. Salah satunya adalah membangunkan sahur warga dengan menggunakan berbagai media seperti alat beduk yang dibawa keliling hingga pengeras suara masjid.

Namun hal berbeda yang dilakukan pemuda karang taruna RT 09 RW 03 Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara yang tergabung tongkrongan Beringin Malam. Group ini membangunkan warga dengan menyalakan lagu lewat speaker besar sambil berkeliling gang.



Lewat video amatir milik warga, group Beringin Malam yang beranggotakan puluhan pemuda ini membawa speaker muda sambil berjalan dan bergoyang menyusuri gang-gang sempit permukiman mereka di Jalan Pembangunan II Rawa Badak Utara.

Dengan volume speaker yang dikencangkan, para pemuda ini berjalan berkeliling sambil bernyanyi lantang mengajak warga sahur. Adapun lagu yang dikumandangkan adalah lagu "Sahur, Sahur" yang beredar di internet.

Warga yang tidur terlelap akhirnya terbangun dengan suara lagu yang besar. Banyak diantara warga yang tertawa melihat kreatifitas para pemuda tersebut. Bahkan banyak yang ikut keliling membangunkan warga lain yang belum bangun.

Salah satu pemuda anggota karang taruna sekaligus anak tongkrongan Beringin Malam Putra Zul Padilah (25), mengatakan bahwa cara yang dilakukan pihaknya adalah untuk membantu warga dalam menyukseskan ibadah puasa.



"Ide awalnya setiap bulan puasa memang wajib anak-anak muda kita bangunin sahur, cuman kita konsepnya beda nggak pakai bedug, kita pakai speaker bluetooth aja lebih simpel aja ya," kata Zul saat ditemui di lokasi, Senin (27/3/2023).

Menurut Zul konsep ini merupakan ide pertama yang dilakukan pihaknya. Selain efektif karena tidak perlu lelah berteriak, hal ini juga sebagai antisipasi para pemuda setempat untuk tidak melakukan tawuran dan lebih mengedepankan kegiatan positif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2023 SINDOnews.com. All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0616 seconds (10.177#12.26)