Mantap! Pendapatan Kabupaten Bekasi Naik Rp500 Miliar, Ini Sumbernya

Senin, 27 Maret 2023 - 16:28 WIB
loading...
Mantap! Pendapatan Kabupaten Bekasi Naik Rp500 Miliar, Ini Sumbernya
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan. Foto/SINDOnews
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi mencatatkan kenaikan pendapatan daerah hingga Rp500 miliar dari Rp5,5 triliun pada tahun 2021 menjadi Rp6,024 triliun pada 2022. Kenaikan itu sebagai modal mendongkrak percepatan pembangunan di berbagai sektor tahun ini.

”Peningkatan pendapatan ini tertuang dalam hasil evaluasi kinerja saya oleh Kementerian Dalam Negeri. Peningkatan pendapatan merupakan satu dari beberapa apresiasi yang diberikan kementerian,” ujar Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Senin (27/3/2023).

Dani mengatakan pencapaian ini merupakan buah dari kerja keras semua pihak yang memiliki visi yang sama yakni memberikan perbaikan secara menyeluruh.



”Tentu bukan hanya pencapaian saya secara pribadi melainkan kerja keras tim seluruh jajaran Pemkab Bekasi,” katanya.

Dani menjelaskan kenaikan pendapatan ini didapatkan dari hasil penagihan piutang yang dilakukan kepada para wajib pajak daerah. Sejak pandemi dua tahun terakhir, banyak warga yang menunda pembayaran pajak daerah akibat perekonomian yang merosot.

Setelah ekonomi kembali pulih, pihaknya langsung mengoptimalkan penagihan pada mereka yang menunggak. Bahkan, penagihan turut melibatkan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi sebagai pengacara negara.

”Kami optimalkan piutang pajak, karena selama pandemi dua tahun itu banyak yang menunda pajak dan nilainya besar, maka kami optimalkan penagihan dengan sistem kerja sama sehingga daya tagih lebih kuat lagi,” ucapnya.

Peningkatan pendapatan dari pajak katering yang dimaksimalkan. Potensi pajak jasa boga di Bekasi terbilang tinggi. Sebagai daerah pemilik kawasan industri terbesar dengan ribuan pabrik yang berdiri, banyak potensi direalisasikan dari jasa katering perusahaan.

Kemudian kenaikan dana transfer, baik dari pemerintah pusat maupun provinsi. Dani mengatakan Pemkab Bekasi kini gencar membuka komunikasi dengan pusat maupun provinsi untuk menggali sumber keuangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)