Sore Nanti, MRT Jakarta Kembali Sediakan Gerbong Khusus Wanita saat Jam Sibuk

Senin, 27 Maret 2023 - 12:35 WIB
loading...
Sore Nanti, MRT Jakarta Kembali Sediakan Gerbong Khusus Wanita saat Jam Sibuk
Mulai sore hari ini, MRT Jakarta kembali menyediakan gerbong khusus wanita. Penerapan ini juga berlaku hanya di jam sibuk. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - PT Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta kembali menyediakan gerbong khusus wanita saat jam sibuk seperti pagi dan sore hari. Penerapan aturan ini bakal dimulai pada Senin (27/3/2023) sore nanti.

"PT MRT Jakarta kembali menerapkan aturan kereta khusus perempuan. Aturan ini mulai berlaku pada Senin, 27 Maret 2023," ujar Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi dalam keterangannya.

"Aturan ini hanya berlaku pada jam sibuk, yaitu pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB, setiap Senin hingga Jumat. Sedangkan pada akhir pekan, aturan kereta khusus perempuan tidak berlaku. Di setiap rangkaian kereta, kereta khusus perempuan menempati kereta nomor 1 (kereta paling depan)," tuturnya.

Effendi menyebut aturan kereta khusus perempuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna.

“Penerapan aturan ini merupakan bagian dari upaya kami memberikan rasa aman dan nyaman lebih kepada perempuan pengguna jasa MRT Jakarta," ucapnya.



Effendi mengklaim sejak beroperasi 2019 silam belum ada laporan aksi pelecahan seksual. Namun aturan baru ini sebagai upaya pencegahan dari MRT Jakarta.

"Meskipun sejak beroperasi pada 2019 lalu kami belum pernah menerima laporan terkait pelecehan seksual, tapi penerapan aturan ini merupakan bagian dari menghadirkan tindakan pencegahan terhadap hal tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Effendi mengatakan aturan ini bukan yang baru. Sebab sebelum pandemi Covid-19 melanda pernah diterapkan.

“Aturan ini telah diterapkan sebelum pandemi, namun dihapuskan selama masa pandemi. Sekarang, kita akan coba terapkan kembali. Sekali lagi kami sampaikan bahwa ini merupakan upaya kami untuk memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi penumpang perempuan di MRT Jakarta,” paparnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)