Peserta Mudik Gratis Pemprov DKI Padati Kantor Sudinhub Jakarta Utara

Jum'at, 24 Maret 2023 - 13:23 WIB
loading...
Peserta Mudik Gratis Pemprov DKI Padati Kantor Sudinhub Jakarta Utara
Warga memadati kantor Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Utara untuk melakukan verifikasi data guna mengikuti mudik gratis. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali membuat program mudik gratis bagi masyarakat pada 2023. Dalam program ini, terdapat 19 kota tujuan mudik dengan tujuan wilayah Sumatera dan Jawa.

Untuk mendapat program mudik gratis ini, masyarakat harus melakukan verifikasi terlebih dahulu sebagai tindak lanjut pendaftaran yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) yang ditentukan, salah satunya di kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara.

Berdasarkan pantauan, ratusan warga calon peserta mudik gratis telah memadati Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara. Sejak pagi warga berdatangan untuk melakukan verifikasi data yang sebenarnya sudah dilakukan pendaftaran secara daring dan luring.

Banyak di antara warga yang lebih memilih ikut mudik gratis daripada pulang kampung dengan kendaraan pribadi. Seperti yang dirasakan oleh Rifki. Menurut pria asal Kebumen ini, mudik gratis lebih efektif. Sebab membuat dirinya lebih irit dan tidak membuat lelah.

"Kalau kita bawa kendaraan ataupun naik kendaraan umum, otomatis kita keluar uang dan juga capek juga kalau bawa mobil atau motor. Tapi kalau mudik gratis ini tentu buat semuanya menjadi fleksibel dan juga pastinya lebih irit," kata Rifki saat ditemui di lokasi, Jumat (24/3/2023).



Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Utara Harlem Simanjuntak menjelaskan, ada 214 calon peserta mudik gratis yang melakukan verifikasi sejak Kamis 23 Maret 2023. Dari 214 peserta mudik gratis itu, kata dia, 204 orang mendaftar melalui daring dan 10 orang mendaftar langsung ke tempat layanan.

“Sudah 214 calon pemudik yang verifikasi, Kamis (23 Maret) kemarin, di antaranya 204 calon pemudik yang mendaftar melalui online (daring) dan sepuluh calon pemudik yang mendaftar secara offline (luring). Hari ini masih berlangsung jadi belum tercatat rekap datanya,” tuturnya.

Untuk mencegah antrean panjang, menurut Harlem, verifikasi data calon peserta mudik gratis pun dibatasi dari pukul 07.00 - 16.00 WIB dengan rentang waktu hingga Kamis 13 April 2023. Hal ini dilakukan supaya tidak membuat warga bosan dan lelah.

“Supaya tidak lama menunggu, kita batasi antreannya. Kita menyampaikan dengan baik ada hal-hal yang harus diperhatikan calon pemudik saat verifikasi yakni membawa kelengkapan persyaratannya. Mudah-mudahan yang datang di hari ini memenuhi kuota, karena kuotanya terbatas,” terangnya.

Adapun dari 19 kota tujuan mudik gratis seperti Bandar Lampung, Palembang, Kuningan, Tasikmalaya, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo, Wonogiri, Yogyakarta, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)