Jokowi Miris Jutaan WNI Berobat ke Luar Negeri, DPRD DKI Minta RSUD Berbenah

Rabu, 15 Maret 2023 - 06:52 WIB
loading...
Jokowi Miris Jutaan WNI Berobat ke Luar Negeri, DPRD DKI Minta RSUD Berbenah
DPRD DKI meminta RSUD segera berbenah. Hal itu untuk menindaklanjuti kekecewaan Presiden Jokowi mengenai kecenderungan jutaan WNI berobat ke luar negeri. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - DPRD DKI Jakarta meminta rumah sakit umum daerah (RSUD) segera berbenah dan meningkatkan pelayanan. Hal itu untuk menindaklanjuti kekecewaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai kecenderungan jutaan warga negara Indonesia (WNI) memilih berobat ke luar negeri.

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria mengatakan, RSUD di DKI Jakarta harus meningkatkan kualitas, baik fasilitas kesehatan maupun tenaga medis.


“Selaras dengan imbauan Pak Jokowi dimana banyak pasien-pasien kita yang berobat ke luar negeri, merespons itu kami Komisi E bersepakat untuk melakukan peninjauan-peninjauan supaya rumah sakit aware, menangkap sinyal pesan dari Presiden Joko Widodo ini, mempersiapkan diri menjadi rumah sakit handal,” kata Iman dalam keterangannya, Rabu (15/3/2023).

Sementara itu, Anggota Komisi E DPRD DKI lainnya Ima Mahdiah meminta pihak RSUD Pasar Minggu terus memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan fasilitas medis harus diikuti dengan peningkatan kualitas tenaga medis.

“Pelayanan-pelayanannya yang selama ini kurang baik harus lebih baik lagi. Kalau kita beli alat medis baru tapi tidak didukung dengan SDM yang bagus itu percuma,” ucap Ima.



Merespon hal itu, Direktur RSUD Pasar Minggu Endah Kartika Dewi mengatakan akan berupaya memaksimalkan dan menguatkan kembali pelayanan seiring dengan sorotan Presiden Jokowi terhadap banyaknya pasien yang memilih berobat ke luar negeri dibanding berobat di RS dalam negeri.

“Layanan unggulan di RSUD Pasar Minggu adalah layanan jantung terpadu dan stroke. Karena 75-80 persen pasien di RSUD Pasar Minggu itu mayoritas Lansia. Kami akan terus berupaya memaksimalkan pelayanan dengan bantuan Komisi E DPRD DKI,” kata Endah.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, saat ini hampir dua juta masyarakat Indonesia memilih berobat ke luar negeri.
"Satu juta kurang lebih satu juta ke Malaysia, kurang lebih 750 ribu ke Singapura, dan sisanya ke Jepang, ke Amerika, ke Jerman, dan lain-lain. Nau kita terus-teruskan?" kata Jokowi saat meresmikan Mayapada Hospital Bandung, Senin (6/3/2023).

Jokowi mengapresiasi konsep rumah sakit yang mengusung tema rumah sakit hijau (green hospital) di Indonesia. Presiden berharap kehadiran rumah sakit modern seperti Mayapada Hospital Bandung dapat mengurangi jumlah masyarakat yang berobat ke luar negeri.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)