Penampakan Gayatri Rajapatni Versi Artificial Intelligence, Sosok Anggun di Balik Kejayaan Majapahit

Rabu, 08 Maret 2023 - 20:29 WIB
loading...
Penampakan Gayatri Rajapatni Versi Artificial Intelligence, Sosok Anggun di Balik Kejayaan Majapahit
Gayatri Rajapatni merupakan salah satu istri dari pendiri kerajaan Majapahit, yakni Raden Wijaya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Gayatri Rajapatni merupakan salah satu istri dari pendiri kerajaan Majapahit , yakni Raden Wijaya . Tak sekadar parasnya yang menawan, Gayatri juga diketahui sebagai perempuan yang cerdas. Dalam hal ini, dia menjadi salah satu sosok berpengaruh pada kejayaan Majapahit.

Mengutip buku “Gayatri Rajapatni; Perempuan di Balik Kejayaan Majapahit” karya Earl Drake, Gayatri adalah putri bungsu dari Kertanegara yang diketahui sebagai Raja Singasari.

Berawal dari tewasnya Kertanegara akibat serangan Kerajaan Kediri pimpinan Jayakatwang, Gayatri bertekad untuk membangun kembali Singasari. Akhirnya, bersama Raden Wijaya dia membuat strategi untuk membangun tatanan pemerintahan baru dalam sisa kejayaan Singasari.

Baca juga : Kesetiaan Lembu Sora Jadi Alas Duduk dan Gendong Istri Raden Wijaya

Pada riwayatnya, Gayatri Rajapatni pernah menolak untuk menjadi penerus Raja Majapahit. Dia lebih memilih menjadikan putrinya yang bernama Tribhuwana Tunggadewi sebagai raja berikutnya.

Alasannya cukup bijak, salah satunya karena Gayatri tidak ingin terjadi konflik internal mengingat dirinya sebagai putri raja Singasari. Selain itu, dia juga menolaknya karena sudah masuk masa bhiksuka.

Tak sekadar melepas tanggung jawab, Gayatri terus mengawasi jalannya Majapahit. Dalam hal ini, dia turut memastikan kerajaan dipimpin oleh orang-orang tepat. Hal ini terbukti ketika Majapahit menjadi kerajaan besar dengan tokoh terkenal seperti Gajah Mada hingga Hayam Wuruk.

Baca juga : Kisah Tragis Kesetiaan Lembu Sora, Rela Jadi Alas Duduk Istri Raden Wijaya tapi Dicap Sebagai Pemberontak

Anggun dan berwibawa, begitu yang tergambar saat melihat sosok Gayatri Rajapatni versi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diunggah akun Instagram @ainusantara.

Dalam unggahannya, @ainusantara menampilkan video singkat yang menggambarkan sosok dari Gayatri, istri dari Raden Wijaya. Terlihat wajah Gayatri versi AI ini tampak anggun dengan paras rupawannya.

Unggahan akun @ainusantara tersebut dilengkapi dengan caption bertuliskan "I asked AI to Gayatri Rajapatni based on Penataran Temple Statue”. Per Rabu, (8/3/2023), postingan tersebut telah disukai oleh sekitar 8.466 pengguna Instagram.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)