Ini Penyebab Wahana Halilintar Dufan Berhenti Mendadak Saat Menanjak

Rabu, 08 Maret 2023 - 12:30 WIB
loading...
Ini Penyebab Wahana Halilintar Dufan Berhenti Mendadak Saat Menanjak
Wahana permainan Halilintar di Ancol Taman Impian berhenti mendadak saat rangkaian sedang menanjak. Kejadian itu mendadak viral di medsos. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Management Ancol Taman Impian Ariadi Eko Nugroho memberikan penjelasan terkait beredarnya video yang merekam salah satu wahana permainan Halilintar di dalam Dunia Fantasi ( Dufan ) berhenti secara mendadak. Peristiwa berlangsung pada Selasa 7 Maret 2023 sore.

Menurut Eko, sensor keamanan yang mendeteksi adanya gangguan di unit tersebut hingga membuat rangkaian yang membawa 24 pengunjung berhenti secara mendadak.

"Kami pastikan bahwa sistem keamanan wahana halilintar itu berfungsi dengan baik. Jadi sensor saat itu mendeteksi adanya sedikit gangguan akibatnya mengaktifkan keamanan yang memberhentikan kereta di lajur aman evakuasi," tuturnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Eko memastikan, peristiwa di wahana Halilintar, baru pertama kali terjadi. Dirinya juga menegaskan, seluruh unit permainan yang ada di Dufan sering dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk keamanan pengunjung.

"Kalau sebelumnya di mana sensor ini mengaktifkan keamanan baru kali ini. Namun kita tetap melakukan secara rutin pemeliharaan. Dan setiap Dufan baru buka itu setiap pagi kami melakukan pengecekan untuk memastikan semua wahana bisa berfungsi dengan normal," tuturnya.

"Namun kadang ada kendaladi luar kemampuan kita di setiap wahana. Tapi kami tetap menjalankan SOP sesuai standar yang di lakukan," ucapnya.

Selain itu Eko menambahkan, wahana di Dufan memiliki Standar Operasi Pengaman (SOP). Dimana jika terjadi sesuatu, ada jalur evakuasi pengunjung.



"Jadi memang di wahana halilintar di jalur menanjak dilengkapi tangga evakuasi. Jadi ketika kereta berenti karena sistem keamanan berhenti dan petugas akan langsung menjemput dan mengevakuasi penumpang," tandasnya.

Sebuah video beredar luas di media sosial (medsos) yang memperlihatkan salah satu unit permainan di Dunia Fantasi (Dufan) Halilintar, Ancol Taman Impian berhenti mendadak saat rangkaian sedang menanjak.Berdasarkan rekaman video berdurasi 22 detik, memperlihatkan wahana permainan 'Halilintar' secara tiba-tiba berhenti saat sedang berputar dan membawa puluhan orang.

Menurut perekam video tersebut, saat unit sedang membawa puluhan penumpang, tiba-tiba unit tersebut berhenti mendadak. Operator yang berjaga pun langsung mendatangi pengunjung yang masih di dalam rangkaian.

"Ih serem banget, (penumpang) disuruh turun dong pas berhenti di tengah jalan. Kita sudah mengantre, ih parah banget deh," ucap perekam video tersebut dikutip, Rabu (8/3/2023).

Diduga unit permainan Halilintar' berhenti secara tiba-tiba karena mengalami masalah mesin. Melihat kondisi tersebut, pengunjung yang sedang mengantri langsung membubarkan diri.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)