Pelecehan Seksual di Transjakarta Terulang, Heru Siapkan Sistem Pengenal Wajah

Jum'at, 03 Maret 2023 - 15:19 WIB
loading...
Pelecehan Seksual di Transjakarta Terulang, Heru Siapkan Sistem Pengenal Wajah
Pj Gubernur DKI Heru Budi meminta Transjakarta menggunakan sistem pengenal wajah atau face recognition menyusul masih terjadinya pelecehan seksual. Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Transjakarta menggunakan sistem pengenal wajah atau face recognition. Hal ini menyusul masih terjadinya pelecehan seksual di bus Transjakarta.

"Coba nanti kita pakai kamera pengawas (CCTV) yang pakai sistem pengenalan wajah (face recognition)," ujar Heru kepada wartawan di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (3/3/2023).

Menurut Heru, jika wajah pelaku pelecehan seksual terdeteksi oleh kamera pengawas akan dilakukan pemblokiran. Sehingga pelaku tidak dapat lagi mengakses layanan Transjakarta.


Heru belum memastikan kapan sistem pengenal wajah ini mulai diterapkan. Untuk itu Heru akan memanggil PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan (Dishub).

"Segera. Saya panggil habis ini Transjakarta dan Dinas Perhubungan DKI," ucapnya.

Sebelumnya, pelecehan seksual terjadi di dalam bus Non-BRT Transjakarta terhadap seorang pelanggan wanita rute Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini pada Sabtu (25/2/2023) sekitar pukul 07.40 WIB.

Korban memberanikan melapor ke petugas Pramusapa Transjakarta sehingga secepat mungkin pelaku berhasil diamankan dan diserahkan ke Polres Metro Jakarta Pusat.


Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, kejadian bermula saat korban duduk terlelap di dalam bus, tiba-tiba merasa mendapat pelecehan dari seorang pria yang duduk di sebelahnya.

Mirisnya, korban masih di bawah umur sehingga perlu pendampingan dari orang tua ataupun keluarga saat akan melaporkan kepada polisi.

“Kami juga menghimbau kepada pelanggan untuk berani bersuara dan mengambil sikap untuk segera melaporkannya apabila mengalami tindak pelecehan seksual,” pungkas Apri.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)