RPA Perindo Perkuat Pendampingan Korban Kekerasan hingga Tingkat Desa

Jum'at, 03 Maret 2023 - 01:00 WIB
loading...
RPA Perindo Perkuat Pendampingan Korban Kekerasan hingga Tingkat Desa
Relawan Perlindungan Anak (RPA) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menggelar konsolidasi bersama seluruh DPW, DPD, dan DPC RPA Perindo Banten. Foto/MPI/Isty Maulida
A A A
TANGERANG - Relawan Perlindungan Anak (RPA) Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) menggelar konsolidasi bersama seluruh DPW, DPD, dan DPC RPA Perindo Banten. Dalam rapat konsolidasi tersebut, setiap relawan diingatkan kembali mengenai fokus utama RPA Perindo yaitu mendampingi korban kekerasan seksual ataupun fisik.

Ketua RPA Perindo Jeannie Latumahina mengatakan, selama ini masalah perempuan dan anak telah menjadi fokus berbagai pihak begitu juga dengan RPA Perindo.

Tak hanya mendampingi pemulihan fisik dan mental para korban, RPA Perindo juga akan memastikan pelaku mendapatkan vonis hukuman tertinggi. "Kami kawal seluruh proses hukum mulai dari pelaporan, hingga akhirnya masuk ke pengadilan. Kami juga tentu akan fokus mendampingi pemulihan korban, sampai fisik dan mentalnya pulih sepenuhnya," ujar Jeannie, Kamis (2/3/2023).



Keseriusan RPA Perindo dibuktikan dengan banyaknya kasus yang sudah ditangani bahkan sebelum RPA Perindo resmi dilantik pada Desember 2022 lalu. Setidaknya, melalui pendampingan oleh RPA Perindo ada 9 pelaku kekerasan pada anak dan perempuan yang mendapatkan vonis hukuman tertinggi.



"Kami dilantik baru bulan Desember lalu, tapi kinerja kami sudah dimulai sejak awal 2022, dan sudah ada 9 pelaku yang akhirnya mendapat hukuman tertinggi," lanjut Jeannie.

Jeannie melanjutkan, RPA Perindo yang dikenal peduli dan gigih turun tangan memperjuangkan hak perempuan dan anak juga ke depannya akan terus melakukan sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Anak Dan Perempuan kepada seluruh lapisan masyarakat. "Kami pastinya membawa nilai kemanusiaan, masalah perempuan dan anak adalah masalah yang universal kami di sini membantu dari hati bagaimana korban dipulihkan dan bagaimana pelaku dibawa ke ranah hukum," kat Jeannie.

RPA Perindo juga mengharapkan keikutsertaan masyarakat dalam melaporkan setiap kasus kekerasan pada perempuan dan anak yang terjadi di lingkungan sekitar. Terlebih saat ini, RPA Perindo juga telah hadir hingga ke tingkat kelurahan dan desa untuk memperluas jangkauan. "Silakan laporkan jika ada yang melihat kasus kekerasan di sekitar tempat tinggal. Kami tentu akan langsung bertindak dan melakukan pendampingan,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2706 seconds (0.1#10.140)