1 Pasien Anak Terpapar Ginjal Akut di Jakarta Bukan karena Konsumsi Obat Sirup

Rabu, 15 Februari 2023 - 17:20 WIB
loading...
1 Pasien Anak Terpapar Ginjal Akut di Jakarta Bukan karena Konsumsi Obat Sirup
Sudin Kesehatan Jakarta Barat memastikan satu pasien yang terpapar gangguan ginjal akut bukan karena mengonsumi obat sirup.Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat memastikan satu pasien yang terpapar gagal ginjal akut bukan karena mengonsumi obat sirup. Pasalnya obat sirup penurun demam yang dikonsumsi pasien asal Kembangan, Jakarta Barat tersebut sudah dinyatakan layak untuk dijual oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari mengatakan, telah menerima informasi dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terkait penyebab pasien terpapar gagal ginjal tersebut.

"Dia memang sakit ada gangguan fungsi ginjal, bukan karena mengonsumsi obat sirup," kata Erizon Safari saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (15/2/2023).
Erizon menuturkan, pasien tersebut diketahui sempat mengonsumsi obat sirop penurun demam khusus anak bermerek Praxion. Tapi setelah dicek, obat tersebut sudah dinyatakan layak untuk dijual dan dikonsumsi oleh Kemenkes.

Erizon belum dapat menjelaskan dengan rinci terkait penyebab penyakit gangguan ginjal yang diderita anak tersebut. Saat ini pasien tersebut masih mendapatkan perawatan intensif di RSCM.

Sebelumnya, Dinkes DKI melaporkan ada dua temuan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) di Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Dari temuan itu, satu pasien terkonfirmasi mengalami gangguan ginjal akut yang akhirnya meninggal dunia.

Satu pasien lainnya masih suspek dan masih dirawat di salah satu rumah sakit. Saat ini kondisi satu pasien yang sedang dirawat itu sudah menunjukkan tanda membaik.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)