Pemprov DKI Libatkan Brimob dan BKKBN Tangani Stunting di Jakarta Utara

Selasa, 07 Februari 2023 - 17:37 WIB
loading...
Pemprov DKI Libatkan Brimob dan BKKBN Tangani Stunting di Jakarta Utara
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dan Wakil Komandan Korps Brimob Irjen Pol Setyo Boedi saat kegiatan Bakti Sosial dalam menangani stunting di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (7/2/2023). Foto: SINDON
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melibatkan Korps Brimob Polri dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam menangani stunting di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, pelibatan lintas instansi ini diperlukan mengingat angka stunting di wilayah Jakarta Utara cukup tinggi.


"Seperti yang diketahui, jumlah angka stunting di Jakarta Utara adalah 700-an. Hal ini kita ketahui saat mengunjungi daerah Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara dengan keberhasilan penurunan stunting 17 persen," ujar Heru saat menggelar kegiatan Bakti Sosial dalam menangani stunting di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (7/2/2023).

Heru mengajak seluruh pihak untuk saling bergotong royong dalam mencegah dan meminimalisir adanya kenaikan angka stunting di tengah masyarakat, baik pemerintah, swasta, maupun seluruh warga.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh warga untuk ikut membantu (dengan menjaga kesehatan dan asupan nutrisi sejak masa kehamilan), karena proses melahirkan itu, baik ibu maupun anaknya, harus sehat," ungkap Heru.



"Harapannya, kepada para ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan dengan gizi yang cukup, sehingga setelah melahirkan akan melahirkan anak yang sehat sebagai generasi penerus bangsa ini," sambungnya.

Sementara Wakil Komandan Korps Brimob Irjen Pol Setyo Boedi mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden untuk menurunkan stunting di Indonesia. Hari ini, pihaknya dengan instansi memfokuskan kegiatannya di DKI Jakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pengobatan massal dengan target 500 orang yang terdiri dari pemeriksaan hemoglobin, gigi, kehamilan, dan pengobatan umum.

"Selain itu, juga diadakan pelayanan KB gratis, penyuluhan kesehatan, dapur lapangan, bantuan makanan tambahan sebanyak 150 paket, pengukuhan bunda asuh stunting, dan pemberian 500 paket sembako," ucapnya.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Cegah Stunting dan Wawasan Kebangsaan di wilayah Kelurahan Kalibaru merupakan bentuk kerja sama yang luar biasa dalam upaya percepatan penanganan stunting.

"Tadi juga sudah dilakukan pengukuhan Duta Bunda Asuh Anak Stunting yang diharapkan bisa mengambil peran untuk ikut bergotong royong dalam penanganan stunting," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)