KPU dan Bawaslu Sosialisasikan Pemilu 2024 di Kantor DPD Perindo Jakarta Utara

Sabtu, 04 Februari 2023 - 10:34 WIB
loading...
KPU dan Bawaslu Sosialisasikan Pemilu 2024 di Kantor DPD Perindo Jakarta Utara
Menjelang Pemilu 2024, KPU dan Bawaslu melakukan sosialisasi dan silaturahmi dengan pengurus DPD seluruh partai politik di Kantor DPD Partai Perindo Jakarta Utara, Jumat (3/2/2023). Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Menjelang Pemilu 2024 , Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan sosialisasi dan silaturahmi dengan pengurus DPD seluruh partai politik di Kantor DPD Partai Perindo Jakarta Utara, Jumat (3/2/2023).

Ketua KPU Kota Jakarta Utara A Bahder Maloko mengatakan bahwa pertemuan silahturahmi ini merupakan agenda rutin pihaknya bersama dengan forum partai politik untuk menyampaikan berbagai sosialisasi sekaligus tahapan-tahapan selanjutnya.

"KPU dan Bawaslu ingin (Sayur Asam) menjadi agenda rutin yang dilaksanakan dalam forum partai politik Jakarta Utara. Jadi forum ini penting yang kita gunakan sebagai upaya menyampaikan hal-hal terkait kegiatan selama pemilu," kata Bahder.



"Seperti hal yang tadi kita sampaikan, dari sini kita sudah mempersiapkan sumber daya manusia sampai dengan tingkat paling bawah, KPU, TPK, dan TPS. Demikian juga di Bawaslu, personelnya disiapkan untuk tahapan yang sedang akan kita lakukan yaitu proses pemutakhiran," sambungnya.

Menurut Bahder, dalam sosialisasi yang dimaksud, seluruh peserta partai politik bisa memberikan partisipasinya dalam hal mengkoreksi terhadap data pemilih yang akan dimutahirkan. Sehingga pihaknya dapat menyusun secara keseluruhan untuk dilaksanakan.

"Begitu juga dengan tahapan pemilih dan pengawasan yang akan dilakukan oleh Bawaslu dari partai politik sehingga partai politik punya keinginan kemauan atau bahkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemilu," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Jakarta Utara Sali Imaduddin mengatakan, dalam kegiatan silahturahmi ini ada pemikiran dan persamaan dalam penafsiran yang menjadi sebuah kewajiban yang diketahui baik Partai peserta maupun KPU dan Bawaslu.

"Terutama KPU yang memberikan pelayanan maksimal, agar proses pelaksanaan tahapan dilaksanakan peserta pemilu dapat dimaksimalkan oleh partai itu sendiri. Karena tahapan-tahapan perlu partisipasi yang kuat oleh partai politik untuk bisa menuju 2024 sukses lancar," kata Sali.

Ketua DPD Partai Perindo Jakarta Utara Antonius Riyanto Saputro mengatakan, sebagai partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024, akan mengikuti arahan dan aturan yang telah disepakati.

"Dari pihak KPU dan Bawaslu tadi sudah memberikan arahan untuk aturan pelaksanaan partai, dalam arti untuk pelaksanaan persiapan pasang umbul ataupun peraga, untuk para caleg nantinya mereka sudah siapkan. Mungkin nanti juga akan diberikan aturan-aturan baku yang akan disesuaikan," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)