Mahasiswa UI Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka, Kompolnas Minta Klarifikasi Polda Metro Jaya

Sabtu, 28 Januari 2023 - 21:00 WIB
loading...
Mahasiswa UI Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka, Kompolnas Minta Klarifikasi Polda Metro Jaya
Sang ibu, Dwi Syafiera Putri, membawa foto kenangan Muhammad Hasya Atallah, saat konferensi pers di Sekretariat ILUNI UI, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023). Foto: MPI/Rizky Syahrial
A A A
JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional ( Kompolnas ) segera meminta klarifikasi dari Polda Metro Jaya terkait kasus kecelakaan mahasiswa UI Muhammad Hasya Attalah Syaputra (17). Sebab Hasya yang terlibat kecelakaan dengan pensiunan polisi malah dijadikan tersangka.

"Kasus ini menjadi perhatian publik sejak awal hingga kemarin diumumkan SP3. Kompolnas akan melakukan klarifikasi ke Polda Metro Jaya terkait kasus ini," ujar Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan, Sabtu (28/1/2023).



Poengky melihat ada kejanggalan dalam insiden yang melibatkan AKBP (Purn) Eko Setia Budi Wahono itu. Termasuk, mengenai status tersangka dan SP3.

Oleh karena itu, Kompolnas ingin mendapatkan paparan yang detil tentang proses penyelidikan. Termasuk, profesionalisme polisi dalam menggali bukti hingga saksi.

"Kami melihat proses penanganan kasus ini lama, mulai terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal pada 6 Oktober 2022, gelar perkara 28 November 2022, hingga dihentikannya kasus ini yang disampaikan kepada publik 27 Januari 2023," paparnya.



"Hal ini memunculkan tanda tanya keluarga korban dan masyarakat. Apalagi orang yang menabrak adalah purnawirawan Polri, sehingga memunculkan dugaan keberpihakan," sambungnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mengklarifikasi ke Polda Metro Jaya terkait isu pembiaran dari Eko saat Hasya tergeletak dan perlu mendapatkan pertolongan ke rumah sakit.

"Mengingat ada komplain orang tua almarhum bahwa AKBP Purn ESBW membiarkan korban dan tidak bersedia membawa ke RS, serta pernyataan keluarga yang akan melaporkan," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4554 seconds (0.1#10.140)