Sita Ponstan hingga Super Tetra Palsu, Polisi Pastikan Tak Ada Obat Pemicu Gagal Ginjal Akut

Jum'at, 27 Januari 2023 - 19:18 WIB
loading...
Sita Ponstan hingga Super Tetra Palsu, Polisi Pastikan Tak Ada Obat Pemicu Gagal Ginjal Akut
Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis (kiri) menggelar jumpa pers terkait pengungkapan sindikat peredaran obat palsu di Polda Metro Jaya, Jumat (27/1/2023). Foto: MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membongkar sindikat pengedar obat palsu hingga kedaluwarsa termasuk obat Ponstan hingga Super Tetra palsu. Dari seluruh obat yang disita tidak ada obat pemicu gagal ginjal akut yang selama ini ramai diperbincangkan.

Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan, ribuan obat yang di antaranya obat pereda sakit gigi palsu hingga obat antibiotik Super Tetra yang juga diduga palsu.
Baca juga: Obat Sirup Diduga Picu Gagal Ginjal, 80% Bahan Baku Obat Masih Impor Jadi Sorotan

"Obat ada beberapa jenis di antaranya dari sekian banyak ada Ponstan, Insidal, Super Tetra, Amoxilin, dan sebagainya," ujarnya saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (27/1/2023).

Pihaknya belum mengetahui apakah ada korban karena mengonsumsi obat-obatan palsu hingga kedaluwarsa ini.

"Pastinya dari hasil koordinasi kami dengan lembaga lain yang berkompeten terkait bagaimana mengonsumsi obat yang tidak semestinya itu pasti akan berdampak," katanya.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, pengungkapan obat-obatan ini demi mencegah meski belum diketahui ada korban atau tidak.

"Pencegahan lebih baik dengan proses pengungkapan ini bisa menghindari korban-korban yang lain. Penyidikan belum selesai. Kami buka ruang bagi masyarakat untuk melaporkan terkait obat-obatan," katanya.

Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil membongkar sindikat pengedar obat palsu hingga kedaluwarsa. Dari kasus tersebut, 11 orang ditetapkan tersangka.

Sebelas tersangka yakni RA, W, M, AAR, RI, CS, J, A, M, MD, dan AZ. Mereka adalah produsen hingga penjual obat-obatan palsu.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)