Anggota DPRD DKI Kenneth Apresiasi Pj Gubernur Heru Normalisasi Kali Pesanggarahan

Jum'at, 20 Januari 2023 - 14:29 WIB
loading...
Anggota DPRD DKI Kenneth Apresiasi Pj Gubernur Heru Normalisasi Kali Pesanggarahan
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth mengapresiasi langkah yang diambil Heru Budi yang akan membangun sheet pile di bantaran Kali Pesanggrahan. Foto: SINDONEWS/Dok
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan menormalisasi Kali Pesanggrahan sektor Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Heru akan membangun turap atau sheet pile sepanjang 1.400 meter.

Wilayah Kembangan yang dilintasi Kali Pesanggrahan ini selama ini kerap dilanda banjir saat hujan deras maupun akibat air kiriman dari Puncak, Bogor. Untuk itu, normalisasi Kali Pesanggrahan diharapkan dapat mengatasi masalah ini. Normalisasi ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023.



Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Hardiyanto Kenneth mengapresiasi langkah yang diambil Heru Budi yang akan membangun sheet pile di bantaran Kali Pesanggrahan sektor Kembangan.

"Saya mengapresiasi kehadiran Pj Gubernur, Pak Heru di Jalan Haji Briti dengan saya mau bersama-sama melihat dinamika di lapangan. Kemudian berkomitmen akan menormalisasi Kali Pesanggrahan yang melewati Jalan Haji Briti Kembangan," ujar Kenneth dalam keterangannya, Jumat (20/1/2023).

Pria yang kerap disapa Bang Kent itu pun mengaku kerap melakukan kunjungan di Jalan Haji Briti yang sering kebanjiran jika ada air kiriman dari wilayah Bogor. Permasalahan ini sudah terjadi dari sejak beberapa era gubernur sebelumnya, dan tidak pernah terselesaikan dengan baik.


"Berdasarkan hasil reses (serap aspirasi masyarakat) saya berkali-kali di sini, permasalahan turap di Kali Pesanggarahan segmen Jalan Haji Briti ini tak pernah selesai, dan tidak pernah ada tindak lanjut dari era-era gubernur sebelumnya. Saya gemas melihat permasalahan ini yang terlalu bertele tele, dan tak pernah kunjung selesai," ketus Kent.

Kent mengakui akar permasalahan banjir yang menerjang Jalan Haji Briti, Kembangan, akibat adanya air kiriman dari Bogor yang membuat Kali Pesanggarahan meluap. Ditambah lagi belum ada sheet pile di pinggiran Kali Pesanggrahan segmen Haji Briti. Sehingga luapan air bisa sampai sepanjang 7 km sampai ke Pasar Puri Kembangan, perempatan lampu merah Puri dan pinggiran Tol Kedoya.

"Fenomena banjir di wilayah ini agak lain dari pada yang lain, karena adanya air kiriman dari Bogor. Bukan hanya karena akibat curah hujan yang tinggi saja. Jadi, kalau wilayah ini tidak hujan pun kalau ada air kiriman dari Bogor pasti akan kebanjiran. Banjir paling parah bisa sedada orang dewasa," ucapnya.

"Ditambah lagi karena kondisi bantaran kali sekitaran Jalan Haji Briti yang belum ditutup dengan sheet pile sepanjang 3 km yang dampaknya luapan air kali akibat kiriman dari Bogor ini bisa sampai ke Pasar Puri, perempatan Puri dan sampai ke pinggiran Tol Kedoya sehingga membuat lalu lintas di sekitaran wilayah ini menjadi lumpuh" sambung Kent.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)