Elektabilitas Pramono-Doel Tembus Tertinggi di Jakarta

Kamis, 24 Oktober 2024 - 22:32 WIB
Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Pramono Anung dan Rano Karno atau Bang Doel tertinggi dalam survei LSI. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Pramono Anung dan Rano Karno atau Bang Doel menembus tertinggi. Paslon nomor urut 3 itu menyalip elektabilitas paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO).

Hal tersebut berdasarkan temuan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). Temuan LSI menunjukkan, tren elektabilitas Pramono-Doel menanjak di angka 41,6% meninggalkan RIDO dan paslon nomor urut 2 Dharman Pongrekun-Kun Wardana.

LSI merekam elektabilitas RIDO di angka 37,4%. Sedangkan elektabilitas Dharman-Kun mengalami kenaikan tipis menjadi 6,6%.



Dalam survei terdahulu, elektabilitas RIDO masih mengungguli dua paslon lainnya. Temuan survei Charta Politika pada September lalu, elektabilitas RIDO masih bertengger di angka 48,3%. Sementara elektabilitas Pramono-Doel dan Dharma-Kun di bulan yang sama masing-masing berada di angka 36,5% dan 6,6%.

"Untuk sementara pada Oktober ini Pram-Rano (Parmono-Doel) sudah unggul, meskipun keunggulannya tidak signifikan. Karena selisihnya kan cuman sekitar 4%. Sementara margin of error dari survei ini 3,9%. Jadi secara statistik kita tidak tahu siapa yang unggul," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam rilis hasil survei yang disiarkan secara langsung melalui saluran YouTube LSI, Rabu (23/10/2024).

Kendati demikian, masih ada sebanyak 14,4% responden yang belum menentukan pilihannya. Meskipun demikian, sebagian besar responden mengaku kecil kemungkinan mereka mengubah pilihan calon kepala daerah kali ini.

LSI merekam angkanya berada di 71,1%. Sementara sisanya, 27,7% berkemungkinan besar mengubah pilihan mereka dan 1,1 persen memilih tidak menjawab.



Survei ini melibatkan 1.200 responden yang merupakan warga dari seluruh wilayah Jakarta. Survei dilakukan melalui wawancara dengan tatap muka pada 10-17 Oktober 2024.

Survei LSI menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi simple random sampling.
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More