Pertimbangan Partai Buruh All Out Dukung Ridwan Kamil-Suswono

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 09:56 WIB
Partai Buruh resmi mendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024. Foto: SINDOnews/Achmad Al Fiqri
JAKARTA - Partai Buruh resmi mendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024. Dukungan itu didasari atas sejumlah pertimbangan.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, dukungan itu telah dilakukan melalui mekanisme organisasi partai. Salah satu pertimbangan dukungan itu adanya persepsi mayoritas buruh mendukung RIDO.





"87,5 persen buruh Jakarta tidak hanya anggota Partai Buruh tapi buruh Jakarta, 87,5 persen memilih Ridwan Kamil. Mereka menyampaikan aspirasi untuk Partai Buruh menentukan dukungan kepada Ridwan Kamil-Suswono," ujar Said Iqbal usai acara dukungan ke RIDO di Gedung KNPI, Jakarta Timur, Jumat (11/10/2024).

Bahkan, mayoritas serikat buruh di Jakarta mendukung RIDO. "Nah, 95% serikat buruh yang ada di Jakarta menyalurkan aspirasi kepada Partai Buruh untuk memastikan mendukung Ridwan Kamil-Suswono," katanya.

Sejumlah pertimbangan lainnya, pasangan RIDO menjadi kandidat paling peduli dengan isu buruh. Hal itu didasari atas sejumlah peristiwa yang menunjukkan Ridwan Kamil berpihak pada buruh.

"Ketika ada kebuntuan tentang upah minimum Omnibus Law. Satu-satunya gubernur saat itu, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat mengeluarkan keputusan yang penuh iktikad baik dengan tetap mempertimbangkan dunia usaha yaitu upah minimum di atas 1 tahun," ujar Said.

"Karena beliau melihat ada ketidakadilan. Ini kuncinya, ada ketidakadilan kok orang yang kerja 20-30 tahun sama yang dengan masa kerja 1 tahun ke bawah. Keberpihakan itulah menjadi catatan penting," sambungnya.

Peristiwa kedua, Ridwan Kamil bersedia turun menemui pengunjuk rasa yang menuntut Omnibus Law Cipta Kerja beberapa tahun lalu.

"Buruh melihat Ridwan Kamil didampingi Pangdam dan Kapolda Jawa Barat saat itu naik ke atas mobil komando menenangkan massa yang sudah tumpah ruah di depan Gedung Sate sampai Jalan Diponegoro. Beliau hanya mengatakan bersama buruh dan rakyat akan menyalurkan aspirasi penolakan Omnibus Law," katanya.

Atas dasar itu, Partai Buruh memberikan dukungan resmi kepada RIDO. "Dengan dasar pertimbangan itulah, kemudian Partai Buruh rapat dan memutuskan mendukung Ridwan Kamil," ucapnya.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More