Perumda Dharma Jaya Pastikan Stok Daging Aman saat Ramadan

Kamis, 07 Maret 2024 - 08:19 WIB
Perumda Dharma Jaya memastikan ketersediaan stok produk protein hewani, termasuk daging sapi dan ayam menjelang Ramadan hingga Lebaran dalam kondisi aman. Foto: Ist
JAKARTA - Warga Jakarta diimbau tidak melakukan panic buying atau pembelian secara berlebihan terhadap daging ayam maupun sapi. Perumda Dharma Jaya memastikan ketersediaan stok produk protein hewani, termasuk daging sapi dan ayam menjelang Ramadan hingga Lebaran dalam kondisi aman.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan pengusaha yang tergabung dalam asosiasi-asosiasi pengusaha daging.





“Dibahas masalah ketersediaan daging untuk Ramadan dan Lebaran. Hadir asosiasi importir daging, asosiasi distributor daging, dan asosiasi industri daging juga ada. Teman-teman asosiasi memastikan stok daging di bulan Ramadan masih ada dan aman,” ujar Raditya, Kamis (7/3/2024).

Selain stok daging yang dimiliki Dharma Jaya, pihaknya berupaya memenuhi kebutuhan daging bagi warga Jakarta dengan menyiapkan sisa impor yang berasal dari tahun 2023.

“Masih ada izin daging impor dari stok Natal dan Tahun Baru. Jadi izin stok untuk kebutuhan Nataru, tetapi masih tersisa yang dapat digunakan untuk kebutuhan di bulan Ramadan,” ucapnya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah mengarahkan Perumda Dharma Jaya untuk meningkatkan stok daging hingga tiga kali lipat saat Ramadan hingga Lebaran. Karena, permintaan daging pasti mengalami lonjakan sekitar 20-25 persen.

Untuk itu, pihaknya sudah meningkatkan stok hingga 1.000 ton. Bahkan, stok daging untuk penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) sebesar 400-500 ton bisa digunakan bila diperlukan operasi pasar.

“Kalaupun ada kenaikan harga, paling sedikit antara 5-10 persen. Mudah-mudahan dengan jaminan ketersediaan daging aman, masyarakat tidak membeli secara berlebihan,” kata Raditya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, keterlibatan Perumda Dharma Jaya dalam kegiatan sembako murah yang digelar di 44 kecamatan di Jakarta sebagai salah satu upaya Pemprov DKI memberikan kepastian ketersediaan daging, selain sembako tetap aman menjelang Ramadan.

Dharma Jaya sudah berpartisipasi di sejumlah kegiatan sembako murah. Di setiap lokasi, Perumda Dharma Jaya menyiapkan 200 tray telur, 800 kilogram ayam, 500 kilogram daging sapi utuh, 100 kilogram daging sapi slice, dan sebagainya.

Dharma Jaya juga menyiapkan 14 jenis produk hewani yang bisa dibeli warga di pasar sembako murah antara lain satu ekor ayam karkas frozen seharga Rp25.000, satu kilogram daging sapi utuh kisaran Rp90.000-Rp105.000, daging slice 500 gram seharga Rp55.000, satu kilogram daging sapi giling Rp55.000, satu kilogram ikan dori fillet Rp35.000, dan telur satu tray Rp22.000.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More