Digerebek, Puluhan WNA Tiongkok Ini Diduga Korban Trafficking

Kamis, 07 Mei 2015 - 12:36 WIB
Digerebek, Puluhan WNA...
Digerebek, Puluhan WNA Tiongkok Ini Diduga Korban Trafficking
A A A
JAKARTA - Pihak kepolisian menduga kalau 33 WNA Tiongkok yang digerebek di Pasar Minggu, Jaksel merupakan korban Trafficking. Mereka mengaku di tipu saat datang ke Indonesia.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan mengatakan, pihaknya meduga kalau 33 WNA yang digerebek di Pasar Minggu itu merupakan korban trafficking.

"Dugaan kami sementara mereka ini korban trafficking. Tapi masih kami dalami. Saat ini, mereka kami serahkan ke Imigrasi Jakarta Selatan," ujarnya di lokasi, Kamis (7/5/2015).

Penerjemah Bahasa Cina, Kelly Tranoto mengatakan, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan olehnya denga 33 WNA itu. Semuanya mengaku kalau mereka telah tertipu.

Sebab, saat datang ke Indonesia, mereka dijanjikan untuk bekerja sesuai dengan yang mereka inginkan. Namun, sesampainya di Indonesia, tepatnya di Jakarta, mereka justru dijadikan sebagai pelaku penipuan.

"Mereka sampai sumpah-sumpah, katanya mereka di imingi kerja, kaya kerja karaoke di tempat ternama yang cewek. Sedang yang cowok, mereka diimingi kerja kantoran. Tapi, sampai di Indonesia, pas di bandaranya paspor dan KTP mereka ini malah di ambil dan di sandera," terangnya.

Kelly pun menambahkan, 19 WNA lelaki itu kebanyakan berasal dari daerah Fut Tjien, sedang 14 WNA perempuan kebanyakan berasal dari daerah Sen Cen.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0562 seconds (0.1#10.140)