Batu Red Brown Pacitan Diburu karena Dipakai SBY

Minggu, 19 April 2015 - 23:08 WIB
Batu Red Brown Pacitan...
Batu Red Brown Pacitan Diburu karena Dipakai SBY
A A A
JAKARTA - Batu Red Brown atau Red Baron paling diburu pecinta batu akik setelah berhasil memenangkan kontes di Jakarta Selatan. Bahkan dalam sebuah lelang, batu Red Brown berhasil terjual seharga Rp150 juta.

Dibalik itu, Fajar (36) penjual batu akik asal Pacitan, Jawa Timur menceritakan bahwa batu tersebut pernah dipakai oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Bukan hanya pak Tommy Soeharto dan Haji Lulung tapi pak SBY juga menggunakan cincin batu Red Brown itu," kata Fajar kepada Sindonews di arena UMKM Great Stone Nusantara di TMII, Jakarta Timur, Minggu (19/4/2015).

Ia menambahkan, selain Red Brwon, SBY juga menggunakan batu Junjung Drajat. Seluruh batuan ini berjenis Calcedony atau Kalsedoni.

"Jadi Kalsedoni itu akronim dari Kali Seputar Donorejo. Batuan-batuan ini berasal dari sana. Cuma sama orang-orang diganti sok Inggris jadi Calcedony," tambahnya.

Ada lagi batu baru yang belum terlalu booming yaknni batu Malachite. Bentuk batu ini hijau dann memilki corak di dalamnya.

"Ada juga batu Spirit, dia coraknya seperti warna chrome ada silvernya. Banyak yang mengira batu ini berasal dari Eropa," tutupnya.

UMKM Great Stone Nusantara digelar sejak tanggal 16-20 April 2015 dalam rangka memeriahkan HUT Taman Mini Indonesia Indah yang ke 40.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6100 seconds (0.1#10.140)