Ini Syarat untuk Jadi Jubir Ahok

Minggu, 29 Maret 2015 - 18:19 WIB
Ini Syarat untuk Jadi Jubir Ahok
Ini Syarat untuk Jadi Jubir Ahok
A A A
JAKARTA - Bagi masyarakat yang ingin menjadi juru bicara (jubir) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) harus mempunyai beberapa kriteria. Seperti pandai berkomunikasi, tahu etika komunikasi politik, dan memiliki relasi pada kelompok sosial yang ada di Jakarta.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Zaki Mubarok mengatakan, hal itu untuk menutupi cara komunikasi Ahok yang kurang baik. Sehingga maksud baik yang hendak disampaikan Ahok dapat terealisasikan secara baik pula, tanpa adanya respon negatif dari pihak lain.

"Dia (jubir) harus bisa berkomunikasi secara baik, baik dalam ragam formal maupun ragam informal. Dia (jubir) pun harus paham akan etika komunikasi politik," katanya saat dihubungi Sindonews, Minggu (29/3/2015).

Selain itu, tambah Zaki, jubir yang cocok untuk mendampingi Ahok harus memiliki pengetahuan akan fungsi Gubernur sebagai eksekutif. Sehingga, saat timbul tegangan dari pihak lain, jubir dapat mengingatkan Ahok.

"Dia pun harus memiliki relasi yang baik dengan kelompok-kelompok sosial yang ada di Jakarta. Dia (jubir) pun harus dapat memahami apa yang diinginkan oleh Ahok dan bagaimana menyampaikannya secara baik. Itu penting," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6521 seconds (0.1#10.140)