Ada Lapangan Futsal Dalam Pasar,Wali Kota Meradang

Rabu, 18 Maret 2015 - 06:14 WIB
Ada Lapangan Futsal Dalam Pasar,Wali Kota Meradang
Ada Lapangan Futsal Dalam Pasar,Wali Kota Meradang
A A A
JAKARTA - Minimnya pengawasan dari PD Pasar Jaya terhadap pasar, membuat sebagian pasar beralih fungsi. Buktinya, di Pasar Palmerah terdapat tiga lapangan futsal yang berada di lantai atas.

Pantauan Sindonews, terlihat lebih dari 3 lapangan futsal tersebut berdiri di lantai 4 pasar tersebut. Padahal kondisi pasar juga nampak tidak terawat, seperti banyaknya keretakan di beberapa sudut pasar dan kondisi sampah di belakang pasar sangat berserakan. Bahkan dibeberapa sudut gedung nampak tanaman liar ikut tumbuh di tembok gedung.

Melihat hal ini Pemkot Jakarta Pusat menyayangkan kebijakan PD Pasar Jaya yang memberikan izin usaha kepada pengusaha lapangan futsal di dalam Pasar Palmerah, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Padahal masih banyak ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Palmerah tidak mendapatkan kios.

Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede menyayangkan langkah PD Pasar Jaya memberikan izin kepada pengusaha membuka lapangan futsal didalam pasar. Padahal pasar itu seharusnya tempat berdagang para pedagang, bukan dijadikan bisnis futsal.

"Harusnya PD Pasar Jaya berikan kios kepada pedagang bukan membuka usaha futsal. Itu pasar apa sarana olah raga," ujar Mangara pada Selasa 17 Maret kemarin. Mengara meminta PD Pasar Jaya untuk segera mengubah pasar menjadi tempat berdagang dan bukan menjadikan lapangan futsal.

Sementara itu, Humas PD Pasar Jaya Agus Lamun mengatakan, tidak bisa menolak orang yang hendak membuka usaha didalam pasar. Selama aktivitas usaha itu bisa mendongkrak peningkatan finansial PD Pasar Jaya, usaha futsal pun tidak menjadi masalah di dalam pasar.

"Memang sebenarnya pasar merupakan lokasi bagi para pedagang untuk berjualan. Tapi kami tidak bisa menolak siapa pun membuka usaha di dalam pasar selama itu meramaikan dan mendongkrak pemasukan PD Pasar Jaya agar tertutup biaya operasional pasar," ucap Agus.

Agus menuturkan, pihaknya bisa saja menerima para pedagang yang berada diluar pasar asalkan tempat masih memungkinkan. Terkait lapangan futsal akan diubah fungsinya sebagai tempat berdagang, Agus menjawab pihaknya tidak bisa mengubah segampang yang kita inginkan. Karena pihak futsal tersebut masih ada izin kontraknya kepada PD Pasar Jaya.

"Saya tidak tahu berapa lama lagi kontrak lapangan futsal itu. Tapi jika para pedagang mau membuka lapak di dalam kita persilakan saja," tutup Agus.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4901 seconds (0.1#10.140)