Berusia 400 Tahun, 3 Patung Buddha Hangus Terbakar

Kamis, 05 Maret 2015 - 05:21 WIB
Berusia 400 Tahun, 3 Patung Buddha Hangus Terbakar
Berusia 400 Tahun, 3 Patung Buddha Hangus Terbakar
A A A
JAKARTA - Tiga patung keramat yang hangus terbakar di Wihara Dharma Bakti atau Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat berumur 400 tahunan. Patung itu merupakan patung Buddha, Buddha Shakyamuni, Buddha Amitabha, dan Buddha Bhaisajyaguru.

Pengurus Wihara Dharma Bakti Yu Ie mengatakan, patung yang ada di tengah merupakan patung Buddha Shakyamuni, sebelah kiri Buddha Amitabha, sedang di samping kanannya Buddha Bhaisajyaguru.

"Yang terbakar itu tiga patung Buddha. Buddha Shakyamuni, Buddha Amitabha, dan Buddha Bhaisajyaguru. Semuanya berumur sekitar tahun 350-400 tahunan. Semua berasal dari Tiongkok," tuturnya saat ditemui Sindonews di lokasi, Rabu 4 Maret 2015.

Pria yang dikebal dengan sapaan Herman itu menjelaskan, Buddha Shakyamuni biasa juga di kenal dengan Buddha Ru Lai. Ru Lai merupakan sebutan penghormatan baginya, dan dia termasuk salah satu perintis Agama Buddha.

"Buddha Shakyamuni lahir dengan nama Sidharta Gautama yang berarti seorang yang tercapai cita-citanya. Buddha Sakyamuni adalah ahli agama yang agung dan mulia yang juga sebagai orang suci yang arif bijaksana dan diakui di seluruh dunia," terangnya.

Sedang Buddha Amitabha, kata dia, merupakan Buddha Surgawi yang dijelaskan dalam kitab suci Tipitaka. Semasa hidupnya, Amitabha selalu berbuat baik yang tidak terhitung jumlahnya.

Amitabha sendiri memiliki makna cahaya yang tidak terbatas. Maka itu, masyarakat pun mengenalnya dengan sebutan Budhha dengan cahaya yang tidak terbatas.

Kemudian, kata dia, Buddha Bhaisajyaguru atau lebih dikenal dengan sebutan Budhha pengobatan. Sebab, dialah yang menyembuhkan bebagai macam penyakit yang di derita oleh masyarakat.

"Selain menyembuhkan penyakit. Budhha Bhaisajyaguru pun dikenal menjadi pelindungi bencana, seperti kelaparan, kekeringan, wabah, memberikan umur panjang dan membantu yang meninggal," tutupnya.

Kini, ketiga patung tersebut berada dalam kondisi rusak. Rencananya, pihak pengurus wihara akan melakukan perbaikan pada patung-patung berumur ratusan tahun itu.

Sedang patung-patung yang tidak dapat diperbaiki akan diganti dengan patung yang sama dan didatangkan langsung dari Tiongkok.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5830 seconds (0.1#10.140)