5 Hari Direndam Banjir, KBN Alami Kerugian Rp525 M

Selasa, 17 Februari 2015 - 00:21 WIB
5 Hari Direndam Banjir, KBN Alami Kerugian Rp525 M
5 Hari Direndam Banjir, KBN Alami Kerugian Rp525 M
A A A
JAKARTA - Banjir yang melanda Jakarta Utara selama lima hari membuat pihak Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung mengalami kerugian ratusan miliar rupiah.

Pasalnya, ratusan toko, dan gudang di kawasan ekonomi saat banjir gagal beroperasi. Belum lagi rusaknya barang baku, dan bahan jadi yang siap ekspor menjadi gagal karena lalu lintas jalan terendam.

"Sekitar Rp500 miliar kami hitung kerugian selama lima hari. Itu didapat karena gudang dan toko tidak beroperasi, padahal kontainer siap ekspor. Sedangkan Rp25 miliar kami hitung dari rusaknya sebagian jalan yang terendam karena rusak," kata Sekretaris KBN Toha Muzaqi saat dihubungi, Senin 16 Februari 2015.

Toha menilai, sekalipun dalam setiap tahunnya kawasan KBN selalu terkena banjir. Tapi, banjir beberapa hari ini dinilai yang terparah.

Karena, selain mengharuskan pihaknya meliburkan pegawai, banjir juga membuat ekonomi di kawasan itu menjadi mati.

"Listrik mati, kontainer besar tak bisa lewat karena genangan satu meter, barang-barang ekspor banyak yang terendam dan rusak, alat produksi menjadi tidak beroperasi. Itu semua tidak terjadi pada banjir tahun sebelumnya, dan banjir sirklus lima tahun, karena sekalipun banjir hebat, hanya genangan kecil saja," paparnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8780 seconds (0.1#10.140)