Butuh Rp118 Triliun Agar Jakarta Bebas Banjir

Sabtu, 14 Februari 2015 - 18:10 WIB
Butuh Rp118 Triliun Agar Jakarta Bebas Banjir
Butuh Rp118 Triliun Agar Jakarta Bebas Banjir
A A A
JAKARTA - Banjir yang melanda Jakarta setiap tahun menjadi pekerjaan rumah Pemprov DKI agar Ibu Kota terbebas dari banjir. Masyarakat pun berharap kota ini benar-benar bebas dari banjir.

Memiliki alokasi anggaran yang besar dari APBD untuk penanggulangan banjir ternyata masih kurang membuat Ibu Kota terbebas banjir. Lalu berapa besar kah anggaran yang dibutuhkan bila Ibu Kota terbebas dari banjir?.

Kepala Dinas Tata Air Agus Priyono mengungkapkan, sesuai dengan perhitungan antara instansinya dengan konsultan, ternyata membebaskan Jakarta dari banjir sangat membutuhkan biaya fantastis."Sesuai hitung-hitungan jika Jakarta ingin bebas banjir setidaknya membutuhkan dana Rp118 triliun," ungkap Agus saat dihubungi Sindonews, Sabtu (14/2/2015).

Agus menyebutkan, anggaran Rp118 triliun tersebut dipergunakan untuk membuat muara pompa di 10 titik lokasi, tanggul pantai di Teluk Jakarta. Kemudian, normalisasi sungai dari hulu hingga ke hilir, membuat polder di kawasan rendah Jakarta.

"Pembuatan waduk, danau, sumur-sumur resapan di Jakarta Selatan, ini untuk keseluruhan," ujar Agus. Dia menjelaskan pekerjaan pun tidak bisa dikerjakan dengan tempo sekejap mata. Perlu waktu kembali untuk melihat Jakarta tanpa lautan air warna cokelat di berbagai daerah.

"Bukan soal kita punya anggaran atau bagaimana. Tapi hal ini tidak bisa dikerjakan tempo 1-2 tahun," tandasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6254 seconds (0.1#10.140)