Edarkan Ganja, Anak Band Diringkus Polisi

Jum'at, 13 Februari 2015 - 18:21 WIB
Edarkan Ganja, Anak Band Diringkus Polisi
Edarkan Ganja, Anak Band Diringkus Polisi
A A A
DEPOK - Seorang bandar ganja di Jalan Pendidikan RT 001/RW 013, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok diringkus polisi. Penangkapan VA berdasarkan laporan warga yang merasa aneh dengan aktivitas di rumah pelaku.

Kasat Narkoba Polresta Depok, Kompol Vivick Tjangkung mengaku, pihaknya langsung melakukan penyelidikan, dan mendatangi rumah tersangka. Saat itu, tersangka sedang seorang diri, dia juga tidak bisa mengelak ketika kamarnya di geledah. Alhasil, 13 kilogram ganja ditemukan di kamar pelaku.

"Disimpan dalam lemari. Satu kilogram sudah disimpan di tasnya, dan siap diedarkan karena sudah ada yang pesan," katanya di Depok, Jumat (13/2/2015).

VA mendapatkan barang haram itu dari temannya berinisial K, teman satu bandnya. Keduanya sudah saling kenal selam tiga tahun belakang ini.

"Ganja ini disimpan pelaku sudah tiga hari di rumahnya," ujarnya.

Berdasarkan pengakuan VA, kata dia, dirinya hanya menungguh perintah dari K. Agar barang itu diantarkan kepala pembeli yang sudah berkomunikasi dengan K. "K saat ini masih berstatus buron," katanya.

Tersangka mengaku baru tiga bulan menggelutin bisnis haram itu. Kata dia, VA baru sekali mendapat paket kiriman sebanyak 15 kilogram, dan berhasil menjual dua kilogram ganja.

"Dijualnya di sekitar Depok dan perbatasan Jakarta Selatan. Dijual ke semua kalangan tentunya karena pembelinya menyebar," ujar Vivick.

Tiap satu kilogram, tersangka mendapat upah Rp100 ribu. Jadi, kalau berhasil menjual keseluruhan dia bisa meraup Rp1,5 juta.

Dari 13 kilogram yang tersisa ditaksir nilainya mencapai Rp36 juta. "Dengan diungkapnya ganja ini maka kami bisa menyelamatkan sebanyak 12.000 jiwa di Depok dan sekitarnya," katanya.

VA, tersangka mengaku sebelumnya dia adalah pengguna narkoba. Dia terpaksa menjalani bisnis haram itu untuk keperluan uang jajan.

Biasanya, sebelum manggung VA juga kerap menghisap ganja. "Sudah lama kenal dengan K. Dia teman satu band," akunya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7940 seconds (0.1#10.140)