Alasan Dinas PU Kenapa Jakarta Dikepung Banjir

Selasa, 10 Februari 2015 - 14:49 WIB
Alasan Dinas PU Kenapa Jakarta Dikepung Banjir
Alasan Dinas PU Kenapa Jakarta Dikepung Banjir
A A A
JAKARTA - Dinas PU DKI Jakarta berdalih, banjir yang terjadi di sejumlah jalan protokol disebabkan saluran air atau drainase tak mampu menampung limpasan air hujan. Kondisi ini yang membuat Jakarta terkepung banjir selama dua hari.

"Jadi drainase yang kami desain saat ini, hanya mampu menampung tangkapan curah hujan di permukaan jalan. Sedangkan curah hujan yang kemarin, dan permukaan tanah yang mengalami penurunan, menyebabkan over kapasitas drainase," kata Kepala Dinas PU Tata Air Agus Priyono di Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Maka itu, kata Agus, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap drainase yang ada di Jakarta. Khususnya di Jalan Medan Merdeka Utara, Selatan, Timur, dan Barat kemudian di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. "Kami akan evaluasi ini," ujarnya.

Mengacu pada evaluasi tersebut, kata dia, pihaknya akan meningkatkan sistem pompa di kawasan tersebut. Setidaknya ada 11 pompa untuk mengantisipasi genangan di kawasan tersebut.

Enam pompa ada di Gedung Jaya, dua pompa di Gedung Topas, dan tiga pompa di Gedung Mapalus.

"Sebenarnya, dengan adanya 11 pompa harusnya sudah cukup. Tetapi, karena 11 pompa itu belum cukup menyedot air hujan, (karena curah hujan) sangat tinggi kemarin," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)
pixels