Kerugian Akibat Banjir Jakarta Rp1,5 Triliun per Hari

Selasa, 10 Februari 2015 - 13:22 WIB
Kerugian Akibat Banjir Jakarta Rp1,5 Triliun per Hari
Kerugian Akibat Banjir Jakarta Rp1,5 Triliun per Hari
A A A
JAKARTA - Banjir yang melanda Jakarta dua hari ini melumpuhkan aktivitas ekonomi dan perdagangan. Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DKI Jakarta memperkirakan kerugian akibat banjir mencapai Rp1,5 triliun per hari.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, sejumlah pusat bisnis dan perdagangan di lima wilayah Jakarta banyak yang tidak beroperasi karena banjir. Sarman menyebutkan, di Jakarta Timur pertokoan sepanjang Jatinegara Plaza, di wilayah Jakarta Barat Ciputra Mall, Citra Mall, Central Park, Glodok City, Pasar HWI, Glodok Jaya, Glodok Mangga Besar, Puri Indah Mall, Roxi Square, Mall Taman Anggrek dan WTC Mangga Dua, tutup.

Untuk di Jakarta Pusat pertokoan ITC Harco Mas, Mangga Dua Mall, Plaza Harco Electronic juga tutup."Pusat bisnis yang paling banyak terganggu di Jakarta Utara di sana ada Mangga Dua Square, Electronic City, ITC Mangga Dua, Kelapa Gading Mall, Mall Artha Gading, Mall Kelapa Gading Square, Mall Sport Kelapa Gading, ITC Mangga Dua, MKG Mall Kelapa Gading," kata Sarman Simanjorang dalam rilis yang diterima oleh wartawan, Selasa (10/2/2015).

Sedangkan pusat bisnis di Jakarta Selatan, lanjut Sarman, cenderung tidak separah di wilayah lain. Sarman menuturkan, akibat banjir ini pemilik usaha memilih tutup karena tidak adanya pengunjung yang kesulitan mengakses lokasi pertokoan lantaran terendam banjir.

Jika dihitung, Sarman memperkirakan ada 75.000 kios yang tersebar di pusat perbelanjaan di Jakarta tutup."Jika omzet per hari rata-rata Rp20 juta. Maka per hari kerugian ditaksi mencapai Rp1,5 triliun per harinya," tegasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4864 seconds (0.1#10.140)