Balai Kota Banjir, Sampah Jadi Penyebabnya

Senin, 09 Februari 2015 - 11:06 WIB
Balai Kota Banjir, Sampah Jadi Penyebabnya
Balai Kota Banjir, Sampah Jadi Penyebabnya
A A A
JAKARTA - Banjir di Jakarta tidak hanya terjadi di sejumlah permukiman penduduk dan ruas jalan. Balai Kota DKI Jakarta yang menjadi kantor Gubernur DKI Jakarta pun ikut terendam banjir.

Banjir terjadi di Blok F, Balai Kota DKI Jakarta. Di Blok F ini terdapat ruangan klinik Pusat Kendali Kesehatan (Puldakes) DKI dan ruang kerja pegawai Biro Humas dan Biro Protokoler Pemprov DKI Jakarta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Denny Wahyu mengatakan, Balai Kota terendam banjir sejak pukul 01.00 WIB. "Airnya cepat surut, sekitar pukul 03.23 WIB sudah surut kok," kata Denny di Jakarta, Senin (9/2/2015).

Denny mengatakan ketika banjir terjadi pihaknya langsung menelepon Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta dan langsung datang dua unit mobil. Satu unit mobil besar damkar dan satu unit mobil pompa.

Setelah dilakukan flushing atau penembakan air dengan tekanan tinggi ke dalam drainase di Blok F, ternyata terdapat beberapa sampah kardus di dalam saluran air."Ternya ada sampah kardus yang menyumbat salurah. Sampah-sampah kardus ini masuk ke dalam saluran ditambah intensitas hujan yang lebat, membuat saluran tersumbat," ujarnya.

Menurutnya, sampah-sampah kardus itu berasal dari pembungkus material bangunan. Karena saat ini, Pemprov DKI sedang melakukan renovasi gedung Blok F. Untuk diketahui banjir di Blok F ini kerap kali terjadi saat hujan deras. Pada tahun 2013, saja tercatat banjir melanda Blok F hingga tiga kali pada Januari-Februari 2013.

Saat itu banjir setingggi 20 centimeter (cm) menggenangi jalan di depan ruang unit pelayanan kesehatan gawat darurat hingga Blok F, yang merupakan ruang kerja Humas dan Biro Protokoler Pemprov DKI Jakarta.Pada tahun 2014, tercatat dua kali Blok F terendam banjir dengan ketinggian air antara 10-20 cm.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5109 seconds (0.1#10.140)