Cegah Banjir, Bogor akan Buat 5 Juta Lubang Biopori

Jum'at, 06 Februari 2015 - 16:09 WIB
Cegah Banjir, Bogor akan Buat 5 Juta Lubang Biopori
Cegah Banjir, Bogor akan Buat 5 Juta Lubang Biopori
A A A
BOGOR - Untuk mengantisipasi genangan, Pemkot Bogor akan membuat lubang biopori. Dalam dua tahun kedepan Pemkot Bogor menargetkan membuat dua juta lubang biopori.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan tahun lalu pihaknya sudah membuat sebanyak 200 ribu lubang biopori. "Tahun lalu targetnya satu juta tapi baru tercapai 200 lubang," katanya di Jalan Sudirman, Bogor, Jumat (6/2/2015).

Sekarang, lanjut Usmar pembuatan lubang bioporiu kembali dilakukan. Selanjutnya ditargetkan bisa membangun luma juta lubang selama dua tahun.

Pembuatan lubang biopori ini diharapkan bisa mengurangi jumlah air yang terbuang ke sungai. Ditambah, lanjut dia, cuaca pada bulan ini diprediksi merupakan puncak terjadinya hujan sehingga bisa menekan bencana banjir.

Komandan Kodim 0606 Kota Bogor, Letkol Rahmat Santoso mengatakan pihaknya menurunkan 100 personel untuk pembuatan lubang biopori. "Hari ini kita targetkan 5.000 lubang dengan asumsi setiap orang bisa membuat 10 lubang biopori. Dana kegiatanberasal dari pemerintah serta swadaya dari masyarakat," ungkapnya.

Diharapkan dengan pembuatan biopori di pinggir jalan ini bisa meningkatkan kesadaran soal pentingnya menjaga lingkungan untuk mencegah terjadinya banjir.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5710 seconds (0.1#10.140)