118 Pasutri di Kepulauan Seribu Akhirnya Miliki Buku Nikah

Kamis, 05 Februari 2015 - 17:53 WIB
118 Pasutri di Kepulauan...
118 Pasutri di Kepulauan Seribu Akhirnya Miliki Buku Nikah
A A A
JAKARTA - Sebanyak 118 pasangan suami istri dari seluruh Kepulauan Seribu melakukan isbat (pengesahan) nikah massal di Gedung Serba Guna Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, tadi pagi.

Acara isbat ini diprakarsai Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta, Yayasan Pondok Kasih dan Harmoni Cinta Indonesia dan Disbintal Mabes Angkatan Darat (AD). Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta H Tb Robby Budiansyah mengatakan, dengan terselenggaranya acara ini dapat membantu hak identitas warga negara secara sah di muka hukum.

“Kami juga berterima kasih dan bangga bahwa dukungan soal hak identitas warga negara ini datang dari pemerintah dan segenap komponen bangsa. Dengan adanya surat nikah menjadikan pasangan ini keluarga sakinah mawaddah wa rohmah,” kata Robby, Kamis (5/2/2015).

Robby berharap, isbat nikah massal ini bisa menjangkau seluruh pelosok Ibu Kota. Karena Robby meyakini masih banyak pasangan suami istri yang secara agama sudah sah. Namun belum mendapatkan hak-hak identitas sebagai warga negara.

Ketua Yayasan Pondok Kasih Hanna Amalia Handayani mengaku tak menyangka acara yang sederhana ini bisa mengundang seluruh elemen yang berbeda dan dapat memberikan warga hak penuh sebagai warga negara. “Hak warga itu bukan sekadar sandang, pangan, papan. Tapi tapi juga identitas. Kita tahu warga itu karena ketidaktahuan atau merasa tidak pentingnya surat-surat identitas,” katanya.

Sekjen Harmoni Cinta Indonesia (HCI) Muhlisin mengatakan, yayasannya telah bekerja sama dengan Yayasan Pondok Kasih memperakarsai nikah dan isbat massal yang diselenggarakan di Jabodetabek sebanyak 5.115 pasang suami istri.

“Sementara ini baru 1.200 pasangan yang sudah mendapat surat nikah. Jadi proses ini masih panjang,” kata pria yang akrab disapa Gus Muslih ini.Dengan digelarnya acara ini, kata Gus Muslih, ibaratnya pasangan suami istri itu sudah punya BPKB.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)