Jangkau Lokasi Sempit, DKI Operasikan Sepeda Pemadam Kebakaran

Sabtu, 31 Januari 2015 - 15:29 WIB
Jangkau Lokasi Sempit,...
Jangkau Lokasi Sempit, DKI Operasikan Sepeda Pemadam Kebakaran
A A A
JAKARTA - Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan menyiapkan 29 sepeda pemadam kebakaran. Sepeda itu disiapkan sebagai langkah awal memadamkan api di kampung yang sulit dijangkau armada pemadam kebakaran.

"Di Jakarta itu sudah ada 150 sepeda pemadam kebakaran. Sudah disebar ke seluruh Jakarta. Kita (Jakarta Selatan) kebagian 29 unit," ungkap Kasudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan, Irwan di kelurahan Cipete Utara, Jakarta Selatan, Sabtu (30/1/2015).

Irwan mengatakan, 29 sepeda pemadam kebakaran itu disiapkan untuk mengantisipasi kebakaran di pemukiman padat penduduk yang sulit dijangkau mobil damkar, seperti di Manggarai dan Bukit Duri.

"Ini juga untuk menanggulangi kebakaran tahap awal, kalo ada jalan masuknya kecil di RT dan RW baru pakai ini. Airnya bisa dari selokan dan kolam. Ini harus stand by di kecamatan," katanya.

Berdasarkan pantauan, sepeda pemadam kebakaran ini mirip dengan odong-odong pada bagian kepalanya.Di bagian belakang dibuat bak yang di dalamnya terdapat mesin penyemprot air.

Satu sepeda pemadam kebakaran ini membawa air di dua drum.dengan kapasitas 1.200 liter. "Untuk mengoperasikannya tidak sembarang orang agar tidak mudah rusak. SDM-nya kami didik dari masyarakat," paparnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0710 seconds (0.1#10.140)