IPB Minta Pemkot Bogor Deteksi Pohon Keropos

Senin, 12 Januari 2015 - 16:16 WIB
IPB Minta Pemkot Bogor Deteksi Pohon Keropos
IPB Minta Pemkot Bogor Deteksi Pohon Keropos
A A A
BOGOR - Institut Pertanian Bogor (IPB) meminta Pemkot Bogor untuk melakukan pengawasan dan perawatan terhadap ribuan pohon di Bogor.

Permintaan ini terkait kejadian tumbangnya pohon di Kebon raya Bogor yang menewaskan lima orang pengunjung.

Division of Timber Engineering and Wood Building Design dari Fakultas Kehutanan IPB Lina Karlinasari menyarankan Pemkot Bogor tidak hanya melakukan penanaman pohon saja.

Tetapi pengawasan dan perawatan terhadap pohon tersebut harus dilakukan. Menurut Lina, masih ada ratusan pohon di Bogor yang terancam tumbang karena kondisinya telah keropos.

Seharusnya Pemkot Bogor mendeteksi kondisi pohon agar dapat diketahui apakah rawan tumbang karena keropos atau tidak.

"Pemkot Bogor hingga kini belum pernah meminta kita untuk memeriksa kondisi pohon. Justru pemerintah daerah seperti Jakarta, Lampung dan Surabaya yang telah meminta kita untuk mendeteksi pohon," papar Lina kepada wartawan, Senin (12/1/2015).

Menurut Lina, IPB memiliki alat pendeteksi pohon bernama Sonic Tomography yang mengandalkan gelombang suara. Alat tersebut satu-satunya di Indonesia dan didatangkan dari Jerman seharga sekira Rp. 250 juta.

"Untuk mendeteksi pohon hanya dibutuhkan waktu hanya 10 sampai 15 menit hingga hasilnya keluar. Tenaga ahli minimal tiga orang yang dilibatkan. Kadang juga kita melibatkan mahasiswa," ungkapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3972 seconds (0.1#10.140)