Ulah Awak Kopaja AC Bahayakan Penumpang

Selasa, 06 Januari 2015 - 11:24 WIB
Ulah Awak Kopaja AC...
Ulah Awak Kopaja AC Bahayakan Penumpang
A A A
JAKARTA - Kurang disiplinnya awak Kopaja AC mengancam keselamatan penumpang. Karena tak sedikit awak angkutan umum di jalur khusus itu menaikkan dan menurunkan penumpang di tengah jalan.

Berdasarkan pantauan Sindonews, Selasa (6/1/2015) pagi, Kopaja AC yang kerap berlaku tidak disiplin itu yakni S602 jurusan Ragunan-Monas-Senen dan P20 Senen-Lebak Bulus.

Tanpa menghiraukan kesemalatan penumpang, awak Kopaja AC ini seenaknya menurunkan penumpang secara tiba-tiba di jalur busway.

Kondisi ini biasanya terlihat di Jalan RM Harsono-Warung Buncit Raya hingga ke Jalan MT Haryono.

Umumnya, Kopaja AC menurunkan penumpang saat di u-turn. Kopaja tersebut berhenti secara tiba-tiba dan menurunkan penumpang begitu saja.

Sony (45) warga Ragunan Jaksel mengatakan, dia kerap kali melihat Kopaja AC menaikkan dan menurunkan penumpang secara sembarangan di depan Bumi Perkemahan Ragunan.

Dia mengaku miris dengan keadaan tersebut. Sebab, penumpang dan Kopajanya sendiri berpotensi mengalami kecelakaan yang tinggi.

"Saya sering liat Kopaja naik nurunin penumpang seenaknya. Itu kan bahaya. Jalur busway itukan letaknya di tengah-tengah jalan umum," katanya saat berbincang dengan Sindonews di depan Masjid Nurul Iman, Ragunan, Pasar Mingu, Jakarta Selatan (6/1/2015).

Dia menambahkan, laju busway yang melintas di jalur busway menuju Ragunan pun biasanya saat sedang lengang sekitar 40 km per jam.

Apabila Kopaja itu berhenti secara tiba-tiba sedang di belakangnya terdapat busway. Kecelakaan pun tentu tidak dapat terhindarkan lagi.

"Bisa saja kalo di belakang ada busway, terus Kopajanya berhenti mendadak cuma naikin penumpang doang. Kan bisa ketabrak dia dari belakang. Apalagi busway kan kalo lagi sepi jalannya kenceng," tutup Sony yang berprofesi sebagai ojek motor ini.

Maka itu, dia berharap agar ada petugas yang menindak sopir Kopaja AC atau angkutan umum lainnya yang menaikkan dan menurunkan penumpang sembarangan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)