Akar Masalah Tidak Dituntaskan, Kriminalitas Tetap Marak

Senin, 15 Desember 2014 - 11:11 WIB
Akar Masalah Tidak Dituntaskan,...
Akar Masalah Tidak Dituntaskan, Kriminalitas Tetap Marak
A A A
JAKARTA - Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Yogo Tri Hendiarto mengatakan, kejahatan jalanan tidak akan pernah bisa dituntaskan.

Pasalnya, jika akar masalah tidak diselesaikan maka kejahatan akan tetap terjadi. Kejahatan jalanan berkaitan erat dengan tingkat kesejahteraan.

"Hanya bisa dikurangi namun tidak mungkin bisa sampai zero," kata Yogo ketika dihubungi, Minggu 14 Desember 2014.

Tujuan para pelaku kejahatan, kata Yogo, yaitu untuk mendapatkan materi yang cukup dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.

"Itu adalah pilihan rasional mereka. Jika alur kemiskinan tidak terputus maka kejahatan akan tetap ada," tukasnya.

Para pelaku tindak kriminal, tentunya sudah membekali dirinya. Mereka juga membaca situasi dan calon korbannya. Mereka juga meng-up grade dirinya sehingga menyesuaikan situasi.

Untuk itu, yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kewaspadaan diri guna meminimalisir agar tidak menjadi korban. Misalnya, tidak menjadi pribadi yang mencolok dengan memperlihatkan barang berharga yang dimiliki di muka umum.

"Pelaku sudah melihat korbannya, dia memilih siapa calon korbannya. Mereka mengidentifikasi korban sebelum beraksi," katanya.

Dikatakan, upaya preventif yang dilakukan pihak keamanan juga tidak menjamin bahwa kejahatan jalanan tidak lagi terjadi. (Baca juga: Ini Daerah Rawan Jambret dan Penodongan di Ibu Kota)

"Itulah gunanya meningkatkan kewaspadaan. Kejahatan terjadi karena tiga faktor yaitu ada korban potensial, pelaku potensial dan karena tidak ada penjagaan," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1658 seconds (0.1#10.140)