Terkena Penyakit Langka, Rizky Alami Kelumpuhan

Kamis, 11 Desember 2014 - 13:35 WIB
Terkena Penyakit Langka, Rizky Alami Kelumpuhan
Terkena Penyakit Langka, Rizky Alami Kelumpuhan
A A A
JAKARTA - Rizky Triwibowo mengidap penyakit Guillain Barre Syndrome (GBS) sejak 13 November 2014. Penyakit ini dinilai bisa melumpuhkan seluruh anggota badan mahasiswa Universitas Gunadarma.

"Adik saya kena Guillain Barre Syndrome. Itu kejadiannya pada tanggal 13 November lalu. Itu enggak ada gejalanya, tiba-tiba saja adik saya terkena sakit itu dan harus dilarikan ke rumah sakit," kata Kakak Rizky, Didik Darmani (33) kepada Sindonews di depan Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/12/2014).

Selain itu, kata dia, penyakit GBS itu bisa membuat pengidapnya meninggal dunia akibat lumpuhnya seluruh sistem organ di tubuhnya.

"Itu penyakit lagka dan bikin orang lumpuh. Semua anggota badannya mati rasa, kaku, dan mengeras. Jadi, enggak bisa ngelakuin apa-apa. Ibaratnya, mati suri," ujarnya.

Didik sendiri mengatakan, pada saat adiknya terkena penyakit tersebut. Adiknya mengalami kelumpuhan, mulai dari bagian leher hingga ke kakinya.

"Sekarang dia sudah mendingan. Pertama-tama, dari leher ke bawah. Itu total enggak bisa bergerak sama sekali. Baru, sekarang bagian tangannya sudah bisa bergerak-gerak sedikit. Birpun belum normal," tuturnya.

Dia menambahkan, adiknya sendiri merupakan mahasiswa semester tiga Jurusan Psikologi di Universitas Gunadarma.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7442 seconds (0.1#10.140)