Pasien BPJS Dijadikan 'Bola', Kemenkes Didemo

Kamis, 11 Desember 2014 - 11:56 WIB
Pasien BPJS Dijadikan Bola, Kemenkes Didemo
Pasien BPJS Dijadikan 'Bola', Kemenkes Didemo
A A A
JAKARTA - Puluhan demonstrans melakukan aksi solidaritas untuk Rizky Triwibowo pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dijadikan 'bola' pengelola BPJS Jakarta Pusat (Jakpus).

Aksi unjuk rasa ini dilakukan di depan kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kuningan, Jakarta Selatan. Rizky merupakan pasien BPJS yang terkena penyakit Guillain Barre Syndrom (GBS).

"Ayo kita menuju pintu gerbang (Kemenkes) untuk menunggu teman-teman lainnya," kata orator aksi dari Relawan Kesehatan Indonesia (Rekan Indonesia) di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/12/2014).

Dalam demo tersebut, puluhan Rekan Indonesia membawa spanduk bertuliskan "Solidaritas Rakyat Untuk Rizky Triwibowo, Pengidap Penyakit Guillain Barre Syndrom (GBS)".

Mereka juga menyanyikan yel-yel berisi penghujatan terhadap pengelola BPJS yang tidak memberikan jaminan BPJS pada Rizky.

Sebelumnya, informasi ini beredar lewat Facebook. Rizky merupakan mahasiswa Gunadarma yang mengidap penyakit GBS dan dirawat di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Dia juga sudah terdaftar sebagai pasien BPJS dengan nomor BPJS 0001786831277 tertanggal 25 November 2014. Sedangkan dirinya masuk tanggal 13 November sebagai pasien umum.

Berdasarkan keterangan BPJS Jakarta Pusat, Rizky sudah mulai bisa dijamin pihaknya. Saat keluarga menghubungi petugas BPJS di rumah sakit tersebut, pengobatan Rizky tetap tak bisa dicover, itu juga atas perintah Kepala Cabang BPJS Jakpus.

Apa nasib rakyat memang harus jadi bola oleh pengelola BPJS?
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7325 seconds (0.1#10.140)