Kerjasama dengan Hacker, WNI Bobol Kartu Kredit WN Amerika

Rabu, 10 Desember 2014 - 19:43 WIB
Kerjasama dengan Hacker, WNI Bobol Kartu Kredit WN Amerika
Kerjasama dengan Hacker, WNI Bobol Kartu Kredit WN Amerika
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menangkap seorang pembobol kartu kredit di kawasan Cipulir Jaksel. Belakangan diketahui kalau pelaku bekerjasama dengan hacker asing untuk mendapatkan data WN Amerika.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Heru Pranoto mengatakan, pelaku diketahui bernama Imam Sujanji (30) ditangkap tim Opsnal Unit V Subdit Resmob Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya setelah berbelanja handphone di sejumlah toko elektronik. Warga Lumumba Dalam, Ngagel, Wonokromo, Surabaya, Jatim itu beberlanja ponsel menggunakan kartu kredit palsu.‎

"Tersangka menggunakan kartu kredit yang data-datanya dipalsukan untuk berbelanja handphone," katanya kepada wartawan, Rabu (10/12/2014).

Tersangka ditangkap pada Selasa 9 Desember 2014 pukul 19.30 WIB di sebuah penginapan di Cipulir, Jaksel.

Kasubdit Resmob AKBP Didik Sugiarto mengungkapkan, tersangka berbelanja menggunakan kartu kredit bank nasional.

"Tetapi data-data di dalamnya adalah data kartu kredit WN Amerika Serikat," tegasnya.

kasus ini terungkap setelah adanya laporan dari pihak bank nasional yang mencurigai adanya transaksi di toko Bee Cell, Bless Cell dan Toko Cantik yang berlokasi di wilayah Jakarta Selatan.

"Tersangka memanfaatkan fasilitas mesin EDC (Electronic Data Capture) Bank Mandiri sehingga pihak Bank Mandiri dirugikan karena harus menanggung klaim pembayaran Kartu kredit ke pihak merchant terkait," jelasnya.

Tersangka sendiri mendapatkan data-data kartu kredit palsu itu dari hacker di internet. "Hacker-nya berada di luar negeri," pungkasnya.‎
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4986 seconds (0.1#10.140)