DKI Klaim Ibu Kota Aman Banjir Tahun Ini

Selasa, 02 Desember 2014 - 06:10 WIB
DKI Klaim Ibu Kota Aman Banjir Tahun Ini
DKI Klaim Ibu Kota Aman Banjir Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengklaim musim hujan kali ini Jakarta aman dari banjir. Namun, daerah yang letak geografisnya bercekung, tetap akan mengalami genangan.

Sekda DKI Jakarta Saefullah mengatakan, berdasar hasil koordinasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memastikan periode musim hujan kali ini tidak perlu menaikkan status siaga satu banjir.

Sebab, selain curah hujan yang tidak terlalu ekstrem, Pemprov DKI juga sudah melakukan sejumlah pengendalian, seperti normalisasi kali dan penambahan pintu air Manggarai serta Karet.

"Sampai 2015 kami pastikan banjir di Jakarta masih aman," klaim Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 1 Desember kemarin.

Meski sudah mengklaim aman, Saefullah tetap khawatir ketika aliran air dari hulu atau Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat tinggi dan air rob yang berasal dari laut datang bersamaan. Sehingga musibah banjir tidak bisa ditanggulangi dengan baik.

Saefulloh menambahkan, sejumlah daerah cekungan seperti di Petamburan, Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Mampang dan Tebet, Jakarta Selatan, dan sebagainya akan tetap tergenang.

Untuk itu, lanjut Saefulloh, DKI tetap akan menyiapkan segalanya, mulai dari kesiapan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI hingga kordinasi dengan TNI.

"Kita juga akan memperbanyak tali-tali air dan pintu air," tambahnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0588 seconds (0.1#10.140)