Ironis, Pelaku Pencurian Rumah Elite Belajar dari Media

Rabu, 05 November 2014 - 14:51 WIB
Ironis, Pelaku Pencurian Rumah Elite Belajar dari Media
Ironis, Pelaku Pencurian Rumah Elite Belajar dari Media
A A A
JAKARTA - Pelaku pencurian Rp1 miliar di rumah elite, Purwanto, mengaku otodidak dalam melakukan aksi kejahatannya. Sumber ilmu yang dipelajarinya berasal dari berbagai tulisan di media massa.

Menurutnya, di media massa banyak sekali diungkap cara-cara para pelaku kejahatan melakukan aksinya. Dari situlah Purwanto mengetahui dan mempelajari aksi kejahatan.

"Saya sering baca-baca tentang modus seseorang melakukan perampokan atau pencurian. Banyak tulisan-tulisan tentang seorang pencuri melakukan aksinya itu seperti apa. Saya sendiri beraksi sesuai dengan tulisan tersebut," kata Triyono alias Purwanto (35) di Polsek Metro Menteng, Jakpus, Rabu (5/11/2014).

Sebelum melakukan rencana pencuriannya itu. Dia terlebih dahulu meminta pada istri sirinya Siti untuk mencari tahu tentang barang berharga yang terdapat di rumah Listiawan Widiatmiko (51), Jalan Surabaya, Menteng, Jakpus. (Baca juga: Suruh Istri Siri Mencuri, Purwanto Diringkus di Rumah Istri Muda)

"Saya suruh Siti untuk mengecek barang berharga apa saja yang ada di rumah majikannya itu. Setelah itu, saya SMS Siti untuk mengambil barang-barang berharga tersebut," katanya.

Senada dengan Purwanto, Siti mengatakan, dia memang disuruh oleh suaminya itu untuk melakukan pencurian. Setelah melakukan pencurian, Siti pun langsung membawa barang-barang berharga ke kontrakannya yang berlokasi di kawasan Jati Pulo, Jakarta Timur.

Siti menambahkan, sesampainya di kontrakan, dia memberikan hasil curian yang diambilnya itu ke Purwanto untuk dijual. Setelah menjual hasil curian, keduanya pulang ke kampung halaman masing-masing untuk menghindari kejaran polisi.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7697 seconds (0.1#10.140)