Jelang Musim Hujan, Pintu Air Mangarai Belum Rampung

Selasa, 04 November 2014 - 13:54 WIB
Jelang Musim Hujan,...
Jelang Musim Hujan, Pintu Air Mangarai Belum Rampung
A A A
JAKARTA - Proyek penambahan pintu air Manggarai Jakarta Selatan yang dimulai pada Agustus 2013, direncanakan segera selesai pada akhir tahun 2014 ini.

Menurut Parjito pelaksana lapangan proyek dari PT Jaya Konstruksi, pembangunan satu pintu air itu terkendala oleh sulitnya konstruksi.

"Kendalanya itu kami bikin cetakan blok di luar harus menembus sebuah lintasan yang di atasnya ada jalur kereta api aktif. Kalau dimasukkan, tanah di atas bisa tergeser. Saat tanah turun distabilkan lagi. Diganjal batu," kata Parjito kepada Sindonews di lokasi, Selasa (4/10/2014).

Parjito juga menambahkan, pekerjaan inti sebenarnya mudah dan cepat dikerjakan. Sayangnya, kontur pintu air yang berada di bawah rel kereta dan di bawah tanah membuat sejumlah pekerjaan menjadi sulit.

"Yang lama itu metode kerjanya, seperti kami bentengi dulu semua supaya air tidak masuk. Kami kerja di bawah air soalnya," tambah Parjito.

Pengerjaan inti itu seperti memasukkan jacking box (pipa besar) didorong ke bawah tanah yang berada tepat di bawah rel kereta api Manggarai.

"Jacking box harus cetak di luar baru didorong tidak seperti di pintu air karet yang sudah dicetak di dalamnya," tutup Parjito.

Ada sekira 100 orang yang bekerja untuk membangun pintu air Manggarai. Pembangunan satu pintu air tersebut dimajukan sekira 19 meter dari dua pintu air Manggarai yang lama.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3569 seconds (0.1#10.140)