Ini Cara Antisipasi Kebakaran

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 08:35 WIB
Ini Cara Antisipasi Kebakaran
Ini Cara Antisipasi Kebakaran
A A A
JAKARTA - Kebakaran yang kerap terjadi beberapa hari belakangan ini menjadi suatu yang bisa mengancam siapa dan dimana saja. Musibah itu bisa dicegah dengan cara menghilangkan keteledoran kita sehari-hari.

Namun jika si jago merah sudah mengamuk, maka kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk memadamkannya.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Kasie Ops PKPB) Jakarta Timur Moelyanto menuturkan, agar api tidak membesar dan meluas, maka masyarakat harus menggunakan beberapa tips ini.

"Pertama yang dilakukan padamkan api sesuai kemampuan. Bisa pergunakan karung goni yang dibasahi, pasir, APAR (alat pemadan api ringan) maupun fire block," katanya saat dihubungi Sindonews, Kamis 16 Oktober 2014.

Jika api belum bisa dijinakkan, lanjut Moelyanto, segera hubungi petugas pemadam kebakaran setempat.

"Saat petugas damkar tiba berilah akses jalan untuk segera memadamkan, bukan malah memenuhi bahkan menutup jalan lantaran ingin melihat kebakaran," tambahnya.

Setelah api mulai padam, petugas RT/RW atau masyarakat bisa memberikan informasi yang jelas kepada petugas pemadam. Karena dikhawatirkan ada korban jiwa yang terjebak dalam kobaran api.

Moelyanto menjelaskan, kendala di lapangan yang terjadi yakni kemacetan di jalan, petugas PLN yang lambat hadir ke TKP untuk mematikan aliran listrik dan kurangnya kesadaran masyarakat merawat inventaris damkar di lingkungan mereka sendiri.

"PLN itu harus ditelpon dahulu baru datang. Padahal harus-nya kita datang bersamaan dia memadamkan aliran listrik, kami memadamkan api. Karena keterlambatan itu, anggota kami pernah kesetrum saat berusaha memadamkan api," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6575 seconds (0.1#10.140)