Depresi, Lakukan Cara Ini

Jum'at, 10 Oktober 2014 - 02:30 WIB
Depresi, Lakukan Cara Ini
Depresi, Lakukan Cara Ini
A A A
JAKARTA - Seorang yang tengah mengalami depresi bisa diantisipasi dengan cara meminum obat penenang dan psikoterapi. Orang yang diduga megalami depresi terlebih dulu harus dilakukan diagnosa.

"Pertama, tentu harus mengetahui dulu apa sebabnya. Dan diagnosisnya harus tepat," kata Spesialis Kedokteran Jiwa Sanatorium Dharmawangsa Richard Budiman saat dihubungi Sindonews, Kamis 9 Oktober 2014.

Selelah dilakukan diagnosis dan terbukti menderita depresi, kata Richard, tindakan pengobatan pun segera dilakukan. Baik dengan cara meminum obat maupun dengan psikoterapi.

"Obat sendiri tujuannya untuk membuat penderita lebih baik. Waktunya pemberian obat dilakukan selama empat hingga sembilan bulanan. Sesuai petunjuk dokter," ujarnya.

Richard menambahkan, selama menjalani pengobatan itu. Penderita depresi juga diharuskan untuk melakukan psikoterapi untuk membatu penyembuhannya.

"Psikoterapi bertujuan mengatasi masalah-masalah yang sedang dihadapinya. Mencari jalan keluar yang tengah dihadapinya. Langkah apa yang harus ditempuh dalam menyikapi masalah yang dihadapinya itu," tutupnya.

Jika prosedur pengobatan itu dilakukan, penderita dapat terbebas dari depresinya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7630 seconds (0.1#10.140)