Seminar Pendidikan Matematika MGMP SMP DKI Jakarta

Senin, 29 September 2014 - 17:41 WIB
Seminar Pendidikan Matematika MGMP SMP DKI Jakarta
Seminar Pendidikan Matematika MGMP SMP DKI Jakarta
A A A
Untuk sekian kali, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP DKI Jakarta menyelenggarakan acara Seminar Pendidikan Matematika. Acara yang digelar pada hari Rabu 24 September 2014 di aula gedung Pusat Pelaksana Pelatihan Kejuruaan (Puslatditjur) Jakarta Pusat itu dihadiri sekitar 200 guru matematika SMP dari 5 wilayah DKI.

Salah satu sponsor dalam acara ini adalah PT Kasindo Graha Kencana, selaku distributor resmi merek CASIO. Pada sesi terakhir, CASIO memberikan presentasi mengenai pembelajaran matematika dengan alat bantu teknologi kalkulator sebagai penerapan Kurikulum 2013.

Kalkulator yang digunakan dalam workshop tersebut adalah tipe saintifik fx-991IDPlus. Kalkulator ini adalah satu-satunya model yang dibuat khusus oleh CASIO Jepang untuk para pelajar dan mahasiswa di Indonesia (kode: ID).

Kalkulator tipe ini hadir dengan fitur Natural Display (tampilan layar sama seperti buku teks), menu berbahasa Indonesia dan fungsi CEK (menjawab BENAR/SALAH). Walaupun layar lebih kecil tapi mampu menghadirkan tampilan bentuk tabel dalam fungsi statistik dan fungsi matematika.

Drs Wilson sebagai narasumber presentasi ini mengatakan, "Kalkulator ini mampu menyelesaikan hampir semua persoalan matematika dari materi tingkat SD hingga SLTA bahkan persoalan statistik perguruan tinggi.”

Kalkulator fx-991IDPlus sebagai model standar yang dirancang khusus berisi menu matematika terlengkap dibandingkan model standar lainnya.

"Memiliki kalkulator ini, sama artinya dengan punya teman yang dapat membantu menyelesaikan persoalan matematika,” ujar Drs Wilson.

CASIO fx-991IDPlus berisikan menu perhitungan yang mudah digunakan karena dilengkapi teknologi Natural S.VPAM (Natural Display). Teknologi ini memudahkan para penggunanya pada saat mengetik soal dan melihat hasil jawaban pada layar monitor.

Kalkulator ini terdapat menu paling lengkap tingkat SLTA, seperti diferensial/integral, persamaan/pertidaksamaan, trigonometri, vektor, matriks, koordinat, fungsi tabel, dsb. Serta fungsi statistik perguruan tinggi, seperti regresi, distribusi normal, distribusi poisson yang sangat dibutuhkan para mahasiswa.

Dalam workshop ini setiap peserta diberikan kesempatan mengoperasikan kalkulator untuk bersama-sama memecahkan soal-soal perhitungan yang disajikan oleh narasumber. Sehingga setiap peserta dapat mengalami secara langsung memakai kalkulator tersebut.

Guru SMPN 31 Jakarta Selatan Lies Sundari mengatakan, kalkulator fx-991IDPlus sangat membantu guru dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pembelajaran karena banyak program-program (menu) yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Djoko Soesilo, Guru SMP Kemurnian III Jakarta Barat, mengungkapkan kalkulator ini sangat praktis untuk mengecek kunci jawaban soal.

Kalkulator sebagai alat bantu, tidak akan bermanfaat bila tidak digunakan secara optimal. Workshop dan pelatihan-pelatihan matematika dengan berbasis teknologi harus sering diselenggarakan sehingga membantu proses pendidikan yang lebih modern.

Peran pemerintah sangat penting untuk memberikan dukungan kepada guru-guru dan para pendidik untuk mengikuti kegiatan semacam ini.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6941 seconds (0.1#10.140)